Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

kelebihan dan kekurangan bisnis online

Sebagai bahan pertimbangan sebelum memulai bisnis online atau yang sudah menjalankanya, mestinya kita mengetahui beberapa kelebihan dan kekuranganya agar kita dapat mengukur tingkat keberhasilanya sebelum menjalankan bisnis online di internet.

Bisnis online itu bukan bisnis yang cepat mendatangkan kekayaan, namun butuh proses, kesabaran, strategi dan kerja keras. Mengapa demikian? karena dalam menjalankan bisnis online tentunya banyak kendala/kesulitan dan tantangan yang mesti kita hadapi untuk bisa menjadi sukses.

Secara teori memang bisnis online itu menjanjikan keuntungan besar dan lebih mudah untuk dijalankan oleh siapapun dibandingkan bisnis offline. Namun perlu diketahui bahwa untuk menjadi pelaku bisnis online yang sukses butuh pengetahuan dan skill yang memadai.

Bisnis di internet itu memerlukan persiapan yang dini, mengingat sekarang persaingan sangat banyak. Tanpa persiapan yang memadai bisnis kita akan mudah tenggelam dan tersingkir oleh pebisnis baru terutama yang banyak modal.

Kelebihan Bisnis Online

Dibawah ini adalah beberapa kelebihan dalam bisnis online di internet yang saya rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman.

1. Tempat dan Waktu Bebas

Bisnis online dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan waktu luang yang kita miliki, asalkan ada Komputer atau Laptop dan koneksi internet yang baik. Bahkan ketika kita berada diperjalanan atau diluar kota pun masih bisa bekerja.

Pada prakteknya, kendala utama biasanya dengan waktu yang tidak mencukupi untuk menjalankan bisnis online. Karena kita masih memiliki kesibukan lainya seperti pekerjaan kantor atau pekerjaan sampingan lainya sehigga waktu untuk bisnis online sangat terbatas.

2. Jangkauan Luas

Penggunaan internet sebagai media untuk promosi produk jelas sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis, karena dengan internet kita dapat menjangkau pasar atau konsumen lebih mudah dan banyak lagi di dalam negeri sampai pasar luar negeri. Selain itu peluang untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak sehingga nilai penghasilan akan meningkat juga.

3. Modal Relatif Kecil

Semua yang namanya bisnis, pasti ada modalnya. Besar kecilnya modal tergantung pada jenis bisnis atau program pilih. Namun ada juga bisnis online yang hampir tidak menggeluarkan modal.

Dalam berbisnis di internet pemasaran produk lebih praktis dan efisien dibandingkan bisnis offline sehigga lebih menghemat biaya. Karena tidak memerlukan sewa tempat usaha dan peralatan lainya layaknya bisnis offline.


4. Transaksi Cepat

Dengan adanya perkembangan teknologi internet yang semakin maju, kini proses transaksi dapat dilakukan melalui internet, sehingga para konsumen semakin mudah dan cepat setiap kali bertransaksi.

5. Bisa di Jalankan Siapapun

Bisnis online di internet dapat dijalanakan oleh siapapun asalkan punya kemauan itu sudah cukup. Bahkan untuk yang masih pemula memiliki peluang untuk meraih kesuksesan.

6. Banyak Jenisnya

Banyak sekali jenis pilihan untuk berbisnis online yang dapat kita jalankan misalnya Jualan online di media sosial, membuat blog, Afiliasi, Dropshipper, Penulis freelance dan lainya. Jenis media online yang paling mudah untuk pemula adalah Facebook, BBM, WhatsApp, Istagram dan lainya.

7. Dapat dijadikan Usaha Sampingan

Bisnis online dapat dijadikan sebagai usaha sampingan, karena penggelolaanya sangat mudah dan fleksibel. Dibandingkan dengan bisnis konvesional (bisnis offline) yang harus bertindak langsung dilapangan dan memerlukan banyak tenaga tentunya, sehingga bisnis online lebih menarik untuk dijadikan sebagai usaha sampingan.

8. Mudah Dimonitorisasi

Mengapa mudah? tenttu saja, karena bisnis ini memang berbasis online artinya segala aktivitas dapat dipantau sepenuhnya melalui sistem Komputer atau Smartphone. Tidak perlu repot seperti pada bisnis offline dan ini merupakan salah satu kelebihan yang sangat menguntungkan.

Kekurangan Bisnis Online

Sebagai bahan pertimbangan sebelum memulai bisnis online sebaiknya memahami kekuranganya. berikut ini di antaranya:

1. Butuh Skill dan Pengetahuan

Sayangnya agar bisnis kita dapat berhasil dan sukses dibutuhkan adanya skill dan kemampuan diri dalam menjalankan bisnis internet, meskipun kita telah memiliki strategi yang sudah bagus. Hal ini bertujuan untuk memerangi persaingan sengit yang semakin banyak.

Namun tidak menutup kemungkinan bagi kita yang hanya mengetahui dasarnya saja untuk menjadi sukses dan berhasil. Dengan mau belajar dan belajar terus dari orang yang telah sukses dan bekerja keras akan membawa keberhasilan.

Jika kita masih pemula, hendaknya lebih banyak belajar lagi dari orang yang telah sukses atau dari tutorial di internet. Jika ada uang lebih, saya sarankan untuk membeli ebook atau prosuk digital lainya tentang bisnis online. Karena isinya lebih lengkap dan dibuat oleh para ahli berdasarkan pengalaman mereka dibandingkan membaca artikel gratisan di blog.

2. Persaingan Banyak

Semakin mudahnya untuk berbisnis online di internet, semakin banyak pebisnis baru yang terjun kedunia internet. Hal ini tentu akan menjadi jumlah pesaing lebih banyak dalam dunia bisnis online. Untuk itu tanpa pengetahuan dan skill yang memadai sulit bagi kita untuk memenangkan persaingan ini. Maka dari itu kita harus banyak belajar sedini mungkin untuk persiapan sebelum menjalani bisnis online.

3.  Masih Banyak Penipuan

Banyaknya kasus penipuan yang terjadi mengakibatkan menurunya para peminat atau konsumen untuk bertransaksi melalui pembelian online.

4. Internet Belum Merata

Indonesia termasuk negara yang akses jaringan internetnya lambat dibandingkan negara - negara lainya. Dan penyebaran yang belum merata khususnya pada daerah atau pelosok yang belum menjangkau sepenuhnya dibandingkan perkotaan. Hal ini sangat mempengaruhi adanya minat para pembisnis online dan konsumen.

Tambahan:

Menjalankan bisnis online itu bukan jaminan untuk menjadi cepat kaya atau banyak uang, namun bisnis online itu butuh waktu dan ketekunan untuk bisa menjadi sukses. Dan dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis online diatas semoga Anda dapat gambaran tentang bagaimana merencanakan atau mencari peluang keberhasilan dalam menjalankanya. Semoga bermanfaat.

Penulis


EmoticonEmoticon