Cara Membuat Artikel yang Berkualitas bagi Pemula

Cara Membuat Artikel yang Berkualitas Untuk Pemula

Sebenarnya untuk membuat artikel yang berkualitas itu mudah asalkan kita benar-benar memahami dan menguasai betul topik yang akan di buat nantinya. Lain halnya dengan blogger bukan ahlinya, yang dalam menulis artikelnya akan berfikir keras.

Jika sobat belum ahli dalam membuat artikel yang SEO friendly, cobalah untuk lebih banyak membaca tentang artikel-artikel yang berkaitan atau sejenis dengan artikel yang akan di buat nantinya, tujuanya agar  artikel yang di buat akan lebih berbobot, menarik dan jika mampu tingkatkan materi kontenya untuk mengalahkan pesaing blogger lainya agar mendapatkan ranking terbaik di Google serp/penelusuran.

Nah, di bawah ini beberapa langkah membuat artikel berkualitas untuk pemula yang dapat di terapkan di blog.

Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Pemula

Sebelum membuat artikel yang berkualitas alangkah baiknya mengetahui bagaimana mesin telusur mengindikasikan sebuah konten yang berkualitas.

Mesin telusur mengindikasikan konten berkualitas dengan menerapkan User Experience (UX) atau pengalaman pengguna dengan algoritma yang rumit milik Google. Karena hampir seluruh aktivitas dari browser pengguna dapat di rekam atau di ketahui.

User Experience adalah aktivitas dan respon pengunjung ketika membuka suatu laman web/blog seperti berapa lama mereka membaca laman artikel blog, respon terhadap artikel, jumlah laman yang di buka serta bagian-bagian mana yang di klik.

Mudahnya, semakin lama pengunjung membaca artikel dan berada di blog, maka semakin bernilai isi artikel blog tersebut. Jadi dengan adanya user experience, Google dapat menekan praktek manipulasi untuk ranking di mesin telusur dan mendeteksi artikel mana yang berbobot dan berkualitas secara alami.

Faktor utama yang mempengaruhi User Experience adalah konten yang berkualitas dan beberapa faktor lainya seperti :
  • Desain blog yang profesional
  • Navigasi yang mudah
  • Ukuran font dan jenis font yang tepat
  • Ejaan bahasa yang benar
  • Interakasi dengan pengunjung
  • Kecepatan loading
  • Responsive dan mobil friendly 
Dalam blogger sendiri, faktor UX dapat di artikan sebagai penyajian artikel dan blog berkualitas dengan memprioritaskan pengunjung sebagai sasaran utama.

Jika sudah mengetahui pentingnya faktor UX di atas, Anda bisa melanjutkan langkah menulis artikel yang berkualitas di bawah ini.

1. Menguasai Topik

Menguasai topik adalah modal utama untuk membuat artikel yang berbobot dan berkualitas, namun jika Anda kurang menguasai topik atau bahkan bingung dengan ide topik, Anda bisa mencari referensi di internet dengan cara memperbanyak membaca artikel/buku sebanyak mungkin dengan topik yang sama.

Alternatif lainya adalah dengan mengikuti kursus web/blog untuk penguasaan topik lebih lanjut. Atau menggunakan cara Anda sendiri dengan tujuan mengumpulkan sumber data yang lengkap sebagai referensi untuk menulis artikel.

Jika kita sudah mendapatkan referensi yang banyak, kita dapat mengemasnya dalam artikel yang lebih baik dengan tetap mengutamakan kualitas, validasi, update dan kelengkapan tanpa mengurangi point penting yang terkandung di dalamnya. Jika perlu tambahkan materi kontenya supaya lebih lengkap dari awal sampai akhir.

2. Penjelasan Lengkap

Artikel berkualitas harus dapat memberikan informasi kepada pembaca dengan penjelasan dan keterangan yang lengkap. Penjelasan bisa dengan kata-kata yang bermakna, gambar yang relevan atau video yang berkaitan dengan topik.

Artikel yang berkualitas juga harus dapat memberikan manfaat kepada pembaca dan menyelesaikan/menjadi jalan keluar bagi pembaca yang mungkin sedang membutuhkan.

Penjelasan lengkap tidak harus dengan jumlah kalimat yang panjang. Tetapi penjelasan yang singkat dan jelas akan lebih di sukai pembaca di banding artikel panjang namum membingungkan. Jika Anda mampu membuat artikel panjang dan berkualitas dengan mengutamakan faktor UX tentu itu lebih bagus.

Sebagai contoh : jika ada pengunjung yang membaca artikel Anda, namun tidak mendapatkan apa yang di carinya, di pastikan pembaca akan kabur dan mencari artikel lain yang lebih lengkap.

3. Struktur Artikel

Dalam membuat artikel sebaiknya gunakan struktur artikel yang baik seperti adanya pembukaan, inti artikel dan penutup/kesimpulan. Selain berstruktur, penulisan artikel juga harus rapi dengan beberapa paragraf agar pembaca menyukainya dan tidak cepat bosan.

4.  Menyisipkan Kata Kunci pada Artikel

Menyisipkan kata kunci ke dalam setiap artikel merupakan salah satu strategi artikel standar SEO. Terapkan kata kunci yang Anda targetkan pada beberapa elemen blog agar nantinya mudah untuk optimasi mesin telusur baik itu dengan SEO onpage atau SEO offpage.

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, Anda bisa mencoba Google keyword Tool atau dengan tool lainya yang banyak di internet dengan layanan gratis.

Sisipkan kata kunci yang tepat sesuai dengan target dan topik artikel Anda pada kerangka artikel seperti :
  • Judul artikel
  • Deskripsi penelusuran
  • Konten artikel
  • Link internal
Untuk saran saja, jangan terlalu banyak meletakan kata kunci di dalam konten artikel, jika belum tahu benar peraturanya agar nantinya tidak di anggap spam oleh Google.

5. Gunakan Bahasa Indonesia dengan Benar

Hindari penulisan artikel dengan terlalu banyak basa basi atau banyak menggunakan kata-kata asing/ilmiah dalam artikel yang berkesan ingin menunjukan kredibilitas Anda. Semua itu akan membuat artikel kurang di sukai dan tidak enak untuk di baca.

Sebaiknya gunakan bahasa Indonesian dengan benar dan kalimat sederhana dalam menulis artikel agar mudah di pahami oleh pembaca. Kemudian pandai-pandailah dalam merangkai kalimat supaya cara penulisannya memiliki sifat untuk enak di baca.

Kualitas artikel bukan di tentukan oleh panjang dan pendeknya artikel, tetapi efektifitasnya. Ingat menulis artikel untuk pembaca bukan untuk SEO. Buat apa menulis dengan panjang 2500 kata tetapi isi yang penting cuma 500 kata, tentu ini kurang efektif.

Yang terakhir, bacalah kembali artikel Anda sebelum di publikasikan, untuk mengecek apakah ada kesalahan dalam mengetik, ejaan salah atau kalimat yang kaku/janggal.

Kesimpulan

Artikel berkualitas sangat berpengaruh dengan trafik pengunjung dan menentukan rank di mesin telusur. Selain pembaca, artikel berkualitas juga di tentukan oleh mesin pencari. Dan membuat artikel berkualitas harus melaui tahap dan proses untuk memenuhi kriteria, peraturan, faktor SEO dan faktor lainya yang mendukung agar artikel tersebut dapat bernilai dan berkualitas.

Sekian dulu penjelasan tentang cara menulis artikel yang baik dan berkualitas, penulis sangat sadar bila artikel di atas masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan dan selebihnya penulis mohon maaf.
Semoga bermanfaat! 

Penulis


EmoticonEmoticon