Mengenal Algoritma Fred Google Tahun 2017

Mengenal Algoritma Fred Google Tahun 2017

Belakangan ini banyak forum SEO yang memperbincangkan tentang update algoritma yang katanya mempengaruhi peringkat di halaman pencarian.

Sekitar awal Bulan Maret 2017 di kabarkan Google telah meluncurkan algoritma terbaru, banyak yang menyebutnya dengan nama Algoritma Fred. Sayangnya, update kali ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Google.

Banyak situs yang mengalami peningkatan ranking dan penurunan peringkat pada mesin telusur yang kemungkinan ini adalah pengaruh update besar. Hal ini telah di buktikan oleh pakar SEO dengan tool tracking otomatis yang menunjukan fluktuasi secara signifikan.

Menurut Pendiri Search Engine Roundtable yang bernama Barry Schwartz, situs yang terkena dampak negatif adalah situs-situs yang bermasalah dengan iklan dengan tujuan menghasilkan uang dari AdSene atau terlalu banyak memasang iklan tanpa menguntungkan pihak pengguna, seperti penurunan trafik organik sampai 50% atau lebih.

Mengenal Algoritma Fred Google Terbaru Tahun 2017

Dari beberapa sumber yang saya baca, pada update algoritma fred kali ini Google lebih fokus pada relevansi related link sebuah situs. Google akan memberikan penilaian pada penerapan related link yang tidak relevan/berkaitan dengan topik artikel, baik itu link yang mengarah ke laman situs sendiri (internal link) maupun link yang mengarah ke laman situs lain (external link).

Target dari relevansi backlink algoritma fred meliputi : internal link, external link, related link dan anchor link.

Semua aturan ini di terapkan agar pengguna merasa puas dengan hasil pencarian yang lebih relevan dan sesuai yang di harapkan oleh pengguna sehingga tidak merugikan salah satu pihak.

Tips Agar Terhindar Dampak Buruk Algoritma Fred Google

Untuk menghindari terkena dampak negatif algoritma fred, lakukan hal berikut ini.
  • Perbaiki relevansi link yang terdapat dalam setiap laman situs Anda
  • Hilangkan related link yang tidak saling berkaitan/relevan.
  • Jika Anda menggunakan backlink dari situs lain, pastikan situs tersebut membahas topik yang sama/berhubungan dengan topik situs Anda dan memiliki reputasi yang baik.
  • Gunakan judul yang sesuai dengan link tujuan pada text anchor. 

Kesimpulan :
Meskipun belum ada pernyataan resmi dari pihak Google, namun tidak ada salahnya untuk mengantisipasi kalau algoritma fred ini benar-benar di terapkan.

Sekian dulu sobat artikelnya semoga dapat bermanfaat, apabila ada kesalahan penulis mohon maaf atau silahkan berkomentar di bawah ini.

Happy Blogging!

Penulis


EmoticonEmoticon