Cara Mengagktifkan HTTPS di Blog Custom Domain

Cara Mengagktifkan HTTPS di Blog Custom Domain

Saat ini sudah banyak blogger yang telah mengaktifkaan HTTPS secara gratis yang diberikan oleh pihak Google untuk  blog yang menggunakan custom domain atau domain khusus. Kabarnya ada yang mengatakan Google belum sepenuhnya resmi mengumumkan adanya fitur HTTPS dan sebagian lagi mengatakan Google telah resmi meluncurkan fitur HTTPS pada  akhir Desember 2017 tepatnya sebelum hari Natal.

Hal ini tentu menjadi kabar gembira untuk semua kalangan blogger khususnya, karena dapat menggunakan fitur HTTPS secara gratis dari blogspot. Karena sebelumnya fitur ini hanya diperuntukan untuk blog dengan subdomain blogspot saja, walaupun ada pihak ketiga yang meenawarkan penggunaan HTTPS dengan sistem sewa atau berbayar.

Pengertian HTTPS

Sebelum kita benar-benar mengaktifkan pengalihan HTTPS di blog, ada baiknya mengetahui pengertian HTTPS terlebih dahulu.

HTTPS adalah singkatan (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol komunikasi yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs. Jadi jika kita mengadopsi HTTPS di blog akan dapat melindungi koneksi pengguna situs Anda dengan isi konten situs tersebut. Karena semua pengguna menginginkan pengalaman online yang aman dan bersifat pribadi saat menggunakan situs.

HTTPS ditemukan oleh Netscape Communication Corporarion. Sebenarnnya HTTPS memiliki pengertian yang sama dengan HTTP, akan tetapi HTTPS memiliki kelebihan fungsi dibidang keamanan (secure). HTTPS menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau Transport Layer Security (TLS) sebagai sublayer di bawah HTTP aplikasi layer yang biasa.

Keuntungan menggunakan HTTPS

Yang pertama yaitu sertifikat SSL akan membuat koneksi yang lebih aman antara pengunjung dan situs Anda. Jadi ketika Anda mengakses blog yang menggunakan protokol HTTPS, halaman yang dikirimkan pada browser Anda telah di enkripsi dahulu oleh protokol ini. Begitu juga sebaliknya data yang Anda kirimkan ke server seperti (registrasi, identitas, nomor PIN, kata sandi dan lainya) akan dienkripsi juga sehingga tidak ada yang dapat mencuri data-data Anda ketika proses transaksi sedang berlangsung.

Dengan begitu transaksi Anda menjadi lebih aman dan pribadi sifatnya. Karena dalam aktivitas di internet sangat rentan adanya pencurian data atau eavesdropping oleh pihak ketiga, oleh karena itu kita membutuhkan sertifikat SSL untuk blog ataupun website.

Selain itu, mengaktifkan HTTPS di blog Anda lebih SEO friendly dan diutamakan oleh mesin pencari, karena disukai oleh pengunjung dan Google juga.

Bagaimana Cara Memasang HTTPS di Blog dengan Custom Domain

Langkah pertama adalah kunjungi halaman draft.blogger.com untuk melakukan setting pemasangan HTTPS, karena pada dashboard blogger yang default menu ini belum bisa akses. Nah, draft blogger sendiri adalah fitur khusus yang disediakan oleh pihak blogger bagi para penggunanya untuk melihat hasil kerjaan mereka sebelum dipublikasikan atau bisa disebut laboratoriumnya para blogger.

Cara mengaktifkan HTTPS di blog custom domain

Selanjutnya pilih menu Setelan >  Dasar > HTTPS > Kemudian pilih Ya pada tombol pilihan Ketersediaan HTTPS.

Ketersediaan HTTPS blog

Tunggulah beberapa saat untuk proses pengalihan HTTPS sampai terbuka. Proses ini akan membutuhkan waktu beberapa menit. Untuk memeriksa apakah sudah aktif atau belum, Anda bisa muat ulang halamanan bowser atau tekan F5.

Pengalihan HTTPS custom domain

Setelah HTTPS diaktifkan, silahkan pilih Ya pada menu Pengalihan HTTPS. Jika sudah langkah selanjutnya adalah mengganti semua url HTTP menjadi HTTPS pada template Anda.

Mengganti kode HTTP menjadi HTTPS pada template blogger

Gambar diatas adalah cara manual, yaitu dengan mengetikan "http" pada kolom pencarian pada Edit HTML template dengan menekan Ctrl + F dan menggantinya satu per satu. Jika Anda ingin lebih cepat bisa menggunakan program Notepad++, Dreamweaver atau aplikasi sejenis lainya. Pada tahap ini Anda telah selesai mengganti HTTP menjadi HTTPS di blog.

Submit Domain di Search Console Google

Jika Anda telah mengaktifkan HTTPS pada blog, sebaiknya membuat property baru atau mendaftarkan lagi blog Anda di Search Console Google. Hal ini dikarenakan blog Anda dianggap baru. Untuk property lama silahkan hapus terlebih dahulu kemudian baru daftar lagi dengan yang baru.

Dan proses migrasi dari HTTP menjadi HTTPS kemungkinan akan berpengaruh pada trafik dan penghasilan, namun semuanya akan dapat kembali normal dalam beberapa hari saja.

Akibat Mengaktifkan HTTPS di Blog Custom Domain

Ada beberapa yang perlu diperhatikan setelah mengaktifkan HTTPS di blog, diantaranya sebagai berikut:

1. Mixed Content
Mixed content adalah adanya percampuran penggunaan HTTP dan HTTPS, baik itu pada Template, Widget, link dan lainya yang ada di blog. Nah jika Anda melihat tanda gembok pada url belum berwarna hijau, berarti blog Anda belum sepenuhnya aman karena adanya mixed content tersebut. Untuk itu Anda perlu cek lagi pada template apakah masih ada kode http yang belum digganti dengan https.

2. Trafik Menurun
Akibat selanjutnya adalah trafik akan menurun untuk sementara waktu, yang dikarenakan perubahan url blog Anda yang semula HTTP menjadi HTTPS dan bahkan index juga akan menurun.

Untuk mengatasinya Anda harus segera mendaftarkan property baru pada Webmaster Tool dengan URL yang menggunakan HTTPS. Tujuanya agar trafik cepat stabil dan pengindekan kembali normal.

3. Iklan AdSense Blank dan Penghasilan Menurun
Buat sobat yang menjadi publisher Adsense tentu akan merasakan turunya pendapatan atau kemungkinan iklan sering blank. Hal ini berlangsung tidak akan lama, jadi sobat jangan kwatir.

Akhirnya selesai juga menggaktifkan HTTPS di blog dengan domain kustom ini, mohon maaf kalau ada kekurangan dan terima kasih atas kunjunganya.

Penulis


EmoticonEmoticon