Cara Menghasilkan Uang dengan Blogging

Bisnis online merupakan peluang usaha yang dapat menghasilkan uang, diantaranya adalah dengan blogging. Modal utama dari blogging adalah dengan membangun sebuah blog, baik menggunakan platform gratisan atau berbayar.

Membangun blog dengan tujuan monetisasi akan lebih sulit dibanding blog hanya untuk berbagi informasi atau sebagai hobi saja. Karena itu butuh proses dan keahlian menulis dalam bidang atau topik tertentu.

Akan tetapi tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin memulai blogging dari nol tetapi belum memiliki keahlian menulis. Karena blogger yang telah sukses sekarang, awalnya juga dari nol. Jadi yang terpenting ada kemauan untuk terus belajar bagaimana untuk bisa sukses membangun blog.

Jika Anda ingin memulai blogging untuk tujuan mendapatkan uang atau blogging for money, alangkah baiknya dibuat rencana sebelumnya agar dalam membangun blog lebih serius dan konsisten. Sehingga apabila ditengah jalan mengalami kendala Anda tidak mudah untuk menyerah sampai sukses ditangan Anda.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Sebelum mengikuti salah satu program untuk menghasilkan uang, sebaiknya Anda telah memiliki blog berisikan konten berkualitas dan sudah memiliki trafik yang stabil. Dua hal tersebut sangat penting menurut saya, karena pada dasarnya program monetisasi blog sangat erat hubunganya antara pengunjung dan konten.

Dan berikut ini adalah beberapa program dan cara untuk menghasilkan uang hanya dari blogging.

1. Iklan AdSense

Iklan AdSense adalah salah satu program Advertising Network atau jaringan periklanan yang menghubungkan antara pemasang iklan dan pemilik blog.

Program AdSense menawarkan iklan dengan penghasilan dari PPC atau Pay Per Click, jadi pengasilanya sangat dipengaruhi oleh banyaknya klik iklan dari pengunjung atau trafik.

Untuk bisa mengikuti program ini, Anda cukup mendaftarkan saja pada pemilik program tersebut yaitu Google AdSense. Jika blog Anda diterima sebagai publisher AdSense, maka Anda akan diberikan kode iklan untuk dipasang di blog Anda dan untuk penghasilan hitunganya kurang lebih per bulan.

Namun untuk pengambilan pembayaran Anda harus menunggu jumlah nominal tertentu dan waktu pengambilan sesuai dengan peraturan dari penyedia iklan tersebut.

2. Slot Iklan di Blog

Ruang iklan di blog adalah sebuah metode dimana pemilik blog menyediakan tempat iklan atau slot di blog Anda dan biasanya berbentuk semacam banner dengan ukuran yang bervariasi atau sesuai dengan template yang digunakan.

Jika trafik blog Anda memiliki trafik besar tentu akan mendapatkan banyak incaran dari pebisinis online untuk menyewa tempat iklan bisnisnya. Semakin tinggi trafik, semakin mudah untuk menggaet atau mendatangkan pengiklan di blog Anda. Karena para pengiklan menganggap bahwa iklan mereka banyak dilihat orang.

Selain itu, Anda sendiri juga dapat menawarkan langsung kepada pengiklan untuk bersedia memasang iklan di blog Anda. Dan untuk penghasilan dapat diperoleh langsung ketika iklan dipasang di slot iklan blog Anda.

Syarat untuk metode ini adalah blog Anda harus memiliki pengunjung yang banyak dalam setiap harinya.

3. Menjual Jasa di Blog

Jika Anda memiliki keahlian keahlian yang khusus seperti mendesain Template, membuat Logo, menulis artikel dan lainya. Anda dapat memanfaatkanya sebagai usaha yang menghasilkan uang.

Melalui media blog, Anda dapat mempromosikan jasa sesuai kemampuan dengan peluang yang lebih besar. Untuk menunjang jasa yang Anda tawarkan, buat artikel yang dapat mendukung dan minat pengunjung sehingga mereka tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

4. Affiliate Marketing

Afiliasi adalah program untuk menawarkan atau mempromosikan barang/produk orang lain, tanpa membeli produknya tersebut dengan memasang banner yang mengandung link di blog.

Caranya, dengan mendaftarkan ke website penyedia program afiliasi, kemudian memasang banner pada blog. Banner tersebut biasanya mengandung link afiliasi atau nomor Id Anda saat mendaftarkan diri dari web pemilik produk. Pendapatan uang yang diperoleh tergantun dari jumlah pengunjung yang membeli barang/produk yang Anda tawarkan di blog.

Jadi, program afilisi hampir sama dengan PPC yang mengantungkan penghasilan dari jumlah klik. Sebagai contoh website yang melayani affiliasi produk fisik atau toko online adalah Amazon Affiliate dan Clickbank untuk produk digital.

5. Blog Review

Blog review adalah cara menghasilakan uang dengan mereview produk orang lain dan memposting hasil review tersebut diblog Anda. Jumlah penghasilan tergantung dari pemilik produk.

Pada dasarnya metode ini hampir sama dengan affiliasi, bedanya paid review menggunakan artikel review sedangkan pada affiliasi menggunakan banner.

6. Menjual Buku (Ebook)

Menjual buku digital atau ebook adalah alternative untuk bisa mendapatkan uang dari internet, selain menerbitkan langsung pada penerbit buku.

Selain praktis, metode ini lebih mudah karena hanya merubah buku dari format word menjadi PDF file. Untuk pembayaran Anda bisa mengatur sendiri baik transfer antara Bank, pulsa dan atau lainya.

Buku yang ditawarkan sebaiknya mengutamakan kualitas dan banyak manfaat bagi para pembaca, sehingga banyak peminatnya. 

7. Menjual Blog

Anda bisa menjual blog dengan harga yang sesuai dengan kualitas dan kepopuleran blog tersebut. Karena ada sebagian orang yang berminat untuk membeli blog. Ini bisa menjadi alternative terakhir Anda, jika Anda memang sudah tidak memiliki waktu luang untuk mengurusi blog Anda.

Kesimpulan

Untuk sukses dalam membangun blog yang menghasilkan uang itu butuh proses dan waktu, tidak bisa serta merta menndapatkan uang.

Jadi untuk tahap pemula, tanamkan ambisi utnuk membuat blog yang bermanfaat bagi orang lain dan menjaring pengunjug sebanyak-banyaknya. Jika Anda membangun blog dengan ambisi uang, saya kira akan cepat bosan dan mudah menyerah ditengah-tengah jalan.

Sekian dulu artikel cara menghasilkan uang dari blog untuk pemula, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Penulis


EmoticonEmoticon