Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas yang Menghasilkan Uang

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Online

Menjadi penulis artikel lepas online yang menghasilkan uang adalah salah satu pilihan usaha bisnis online yang banyak diminati oleh pengguna internet saat ini. Pekerjaan ini juga cocok untuk mereka yang sudah berpengalaman maupun yang masih pemula.

Penulis lepas online adalah seseorang yang bekerja menghasilkan karya tulis, tetapi tidak terikat oleh suatu perusahaan manapun layaknya sebuah bisnis kecil milik sendiri.

Jika Anda memiliki hobi atau ketrampilan dalam menulis, ini bisa menjadi awal untuk memulai pekerjaan pada bidang jasa. Namun bila Anda belum pintar dalam hal menulis, tidak ada salahnya untuk mencoba menggeluti bidang ini. Karena "dimana ada kemauan, disitu ada jalan".

Sistim kerjanya adalah penulis lepas membuat artikel sesuai permintaan klienya, jika artikel tersebut diterima/diterbitkan, maka Anda akan mendapatkan bayaran sesuai dengan perjanjian dan kesepakantan sebelumnya.

Klien tersebut bisa sebuah perusahaan, perseorangan atau agensi artikel yang nantinya akan menerbitkan artikel Anda pada website mereka atau media sepeti buku, koran atau majalah.

Apabila Anda memiliki kemampuan dan pengalaman dalam bidang menulis yang mumpuni, Anda juga bisa membangun website sendiri yang melayani jasa pembuatan artikel. Hal ini tentu lebih baik dan menguntungkan dibanding harus bekerja sama dengan perusahaan lain.

Nah, bila Anda tertarik untuk menjadi penulis artikel lepas online, disini saya memberikan tips sederhana bagi yang masih pemula.

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Online bagi Pemula

Berikut ini adalah tips bagaimana menjadi penulis artikel lepas online agar menghasilkan tulisan yang berkualitas dan meningkatkan peluang untuk diterima atau diterbitkan oleh klien.

1. Perbanyak Membaca

Banyak membaca adalah modal utama untuk menjadi seorang penulis lepas online yang baik. Sebagai pemula carilah referensi pada buku dan artikel website dengan topik tertentu. Karena permintaan klien topiknya berbeda-beda, sehingga mau tidak mau kita harus mempelajari semua topik.

Aktivitas membaca akan banyak melatih diri untuk mengasah kemampuan dalam menyusun kata atau kalimat dan membentuk gaya bahasa dari tulisan kita nantinya. Tanpa teknik membaca, rasanya sulit sekali untuk dapat meningkatkan kualitas tulisan.

Selain itu, dengan banyak membaca Anda akan memiliki pembedaharaan kosakata yang lebih banyak, sehingga nantinya dapat mempermudah ketika merangkai kata/kalimat saat menulis artikel.

Pada kenyataanya, orang yang sudah berpengalaman saja tetap butuh yang namanya membaca. Karena makin sering membaca, makin banyak kita membaca, maka kita akan semakin tahu dan sadar bahwa ilmu yang kita miliki masih sedikit/dangkal. Karena di atas langit masih ada langit.

Membaca bukan saja mengeja dalam setiap baris dan melewatinya begitu saja, namun lebih memahami maksud dan tujuan dari penulis akan lebih bermanfaat bagi kita. Sehingga setiap buku atau artikel yang kita baca dapat menambah pengalaman dan pengetahuan sendiri.

Melalui buku dan website orang lain, kita dapat belajar banyak bagaimana memahami penulisan yang baik, penggunaan struktur kalimat serta format artikelnya.

Dengan banyaknya materi yang telah kita baca, secara otomatis akan mengalirkan banyak ide yang dapat membantu pembuatan karya tulis yang profesional.

2. Buat Blog untuk Berlatih Menulis

Selain banyak membaca, untuk menjadi penulis yang hebat, Anda harus melatih ketrampilan dalam menulis dengan cara menulis dan terus menulis.

Salah satu media yang dapat dijadikan untuk mengasah ketrampilan menulis adalah dengan membuat blog pribadi. Anda juga bisa menulis pada sebuah buku atau kertas dan media lainya, yang terpenting adalah belajar membiasakan diri untuk menulis agar kreativitas Anda tumbuh dan terasah sehingga pada akhirnya karya tulis buatan Anda lebih baik lagi. 1 paragraf setiap hari sudah lumayan baik.

Yang paling susah biasanya saat menuangkan kata/kalimat dari otak ke tulisan, meskipun otak kita sudah memahami topik yang mau ditulis. Penyebabnya karena minimnya perbendaharaan kosakata dalam otak, sehingga kesulitan merangkai pola kalimatnya.

Kebiasaan menulis juga dapat Anda lakukan ditempat mana saja, tergantung selera atau mungkin ada kriteria sendiri yang berbeda tiap individu. Tujuannya agar lebih mudah mengeluarkan ide dan gagasan pada tulisan.

Hasil karya tulis di blog pribadi juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur kualitas dan kelayakan untuk diterbitkan atau dijual.

Selain sebagai media berlatih menulis, blog pribadi juga dapat dijadikan sebagai media promosi artikel. Karena biasanya para kustomer ingin melihat atau menanyakan artikel yang pernah Anda buat. Jika mereka menyukainya, ada kemungkian Anda dijadikan sebagai penulis.

3. Buat Kerangka Artikel

Kerangka artikel yang dibuat semestinya runtut dari awal sampai akhir layaknya sebuah cerita. Sehingga mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca. Karena kerangka artikel yang tidak berurutan akan membingungkan pengunjung dan tidak enak untuk dibaca.

Jika artikel yang ditulis penjelasanya panjang, Anda dapat memecahnya lagi menjadi beberapa subjudul atau paragraf agar saat tulisan dibaca mata tidak cepat lelah.

4. Pahami Cara Menulis yang Baik dan Benar

Gunakan buku EBI (Ejaan Bahasa Indonesia) sebagai pedoman untuk menulis dengan ejaan yang benar sesuai dengan peraturan. Sebab penggunaan kosakata yang tepat akan sangat berpengaruh pada kualitas dan keberhasilan untuk diterima oleh penerbit atau agen artikel.

Selain itu memahami cara menulis yang baik dan benar adalah cara yang efektif untuk bisa meningkatkan kualitas tulisan. Seperti penggunaan tanda baca dan ejaan, ini akan lebih mudah dipahami pembaca.

5. Pahami Dasar SEO

Seorang penulis lepas juga dituntut untuk mengerti dan memahami bagaimana menulis artikel yang SEO friendly. Kita tidak perlu belajar SEO sepenuhnya, cukup dasar-dasarnya saja seperti penggunaan kata kunci dan optimasi SEO on page. Karena pada hakekatnya artikel yang kita jual nantinya akan diterbitkan/dipublikasikan melalui website, jadi peran SEO disini sangat diperlukan.

6. Minta Pendapat Teman

Sebelum karya tulis ditawarkan, ada kalanya untuk meminta pendapat orang lain, seperti teman, keluarga dan lainya. Ini adalah langkah awal sebagai bentuk penilaian dan menguji kemampuan diri dalam hal menulis, apakah sudah baik atau belum. Biasanya orang lain akan lebih tahu dan mudah menemukan kesalahan atau kekurangan tulisan Anda, saat mereka membaca.

Langkah ini akan membangun kepercayaan diri kita lebih berani, setelah mendapat saran atau kritik dari para pembaca dan kita segera memperbaikinya. Dengan demikian kualitas karya tulis kita akan semakin berkembang seiring waktu.

7. Buat Artikel yang Menarik

Untuk menjadi penulis lepas yang profesional, usahakan selalu membuat artikel yang berkualitas tinggi. Point utama yang sangat mempengaruhi kualitas artikel adalah tingkat pemahaman Anda pada topik yang akan ditulis.

Tulisan yang dibuat oleh penulis yang benar-benar paham atau ahli akan mengghasilkan rangkaian kata-kata yang penuh dengan informasi sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Point selanjutnya adalah bagaimana penggunaan kata yang tepat agar tercipta paragraf yang dinamis antara kalimat yang satu dengan kalimat lainya. Maka tulisan kita akan terlihat mengalir dan mudah dipahami.

8. Baca Kembali dan Koreksi Artikel 

Artikel yang sudah dibuat hendaknya dibaca kembali dan koreksi kemungkinan ada kesalahan dan untuk segera diperbaiki. Ini akan lebih baik dibandingkan menunggu koreksi dari orang lain.

Cara Menjadi Penulis Artikel Lepas Online yang MenghasilkanUang

Jika Anda sudah mengetahui cara menjadi penulis artikel lepas, kini saatnya memilih langkah untuk dapat menghasilkan uang. Dan berikut tahapanya:

1. Menjadi Penulis Lepas Guest Blog

Ini adalah cara paling mudah untuk menjadi penulis artikel lepas berbayar. Guest blog merupakan blog yang memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menerbitkan artikelnya pada website mereka. Jika artikel kita diterbitkan maka akan mendapatkan bayaran sesuai kesepakatan sebelumnya.

Sebaiknya cari guest blog yang memiliki trafik pengunjung yang tinggi, sehingga kemungkinan artikel kita akan dibaca banyak pengunjung, tetapi dengan syarat artikelnya harus berkualitas.

Namun pada dasarnya, tidak semua blog menerima guest blog berbayar. untuk itu silahkan cari sendiri pada mesin pencari dengan kata kunci "penulis tamu berbayar" atau yang sejenis.

2. Bergabung dengan Agen Artikel

Bergabung atau bekerja sama dengan agen artikel adalah langkah awal bagi para penulis yang masih dasar. Biasanya agen artikel akan meninjau hasil karya Anda dan memberikan koreksi secara detail serta memberikan tips dan saran yang bisa membantu kemajuan kita dalam menulis. Hal ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur bagi diri kita.

Agen artikel berhak melakukan perubahan dan editing pada karya tulis yang diterima tanpa pemberitahuan. Sebab artikel yang sudah dari penulis, sepenuhnya akan menjadi milik agen.

Kebanyakan agen artikel membayar lebih rendah (sekitar 30%) dibandingkan para penerbit lainya. Harga tersebut juga bisa berubah/tergantung dari kualitas artikel dan jumlah kata yang digunakan.

3. Menjadi Penulis Lepas Langsung pada Penerbit

Metode ini adalah dimana artikel yang telah dibuat langsung dikirim pada penerbit. Kebanyakan para penerbit lebih mengutamakan kualitas dari konten tersebut dan tidak ada saran atau tips sebagai alasan diterima/tolak.

Menjadi penulis lepas pada penerbit (tanpa agen) harus memiliki persiapan yang matang terutama keyakian untuk dapat menulis artikel ayng baik dan benar. Karena penerbit benar-benar mencari artikel yang berkualitas untuk diterbitkan nantinya.

Para penerbit biasanya meminta penulis untuk mengirimkan artikelnya lewat email tidak menulisnya di blog.

Untuk menemukan website penerbit, silahakn lakuakn pencarian pada Google atau menggunakan website seperti UC News, BABE, atau Jalan Tikus.

4. Membangun Website Jasa Pembuatan Artikel Sendiri

Ini adalah tahap tingkat lanjutan dimana Anda sudah memiliki ketrampilan dan keahlian untuk membuat karya tulis yang baik dan berkualitas.

Untuk memulainya Anda bisa membangun sebuah blog/website pada bidang jasa pembuatan artikel. Pada prinsipnya hampir sama dengan bisnis online lainya, cuma disini bukan bidang penjualan barang, melainkan bidang layanan jasa untuk pembuatan artikel.

Diatas sudah disinggung beberapa langkah bagaimana cara menjadi penulis lepas yang baik dan benar. Dan untuk metode ini ada langkah tambahan yang harus dikerjakan:

Promosi - Ini adalah langkah awal memperkenalkan jasa penulisan artikel pada website lain agar mereka para pengguna tahu dan mengenalinya. Anda dapat berpromosi pada media sosial seperti Grup Facebook, Forum Jual Beli Kaskus, atau OLX.

List Customer - Membuat daftar kustomer adalah penting. Jika Anda telah mendapatkan pesana, tulislah pesanan tersebut dengan lengkap dari nama pemesan, kata kunci, jumlah artikel dan waktu/tanggal.

Testimoni - Mintalah testimoni pada para pelanggan/kustomer, karena dengan adanya testimoni akan meningkatkan rasa kepercayaan orang-orang pada website Anda.

Tepat Waktu - Usahakan tepat waktu dalam setiap mengirimkan artikel pada customer, 1 hari sebelum waktu tenggat akan lebih baik. Jika pengiriman telat, beritahukan pada kustomer dan seandainya mereka kurang senang, kembalikan uang mereka. Sikap ini diperlukan demi menjaga profesionalisme Anda dan nama baik website.

Keuntungan Menjadi Freelance/Penulis Lepas Online

Untuk menjadi penulis yang profesional haruslah memiliki niat dan kemauan yang tinggi dalam menekuni bidang sebagai penulis lepas atau freelancer writer. Dan berikut beberapa keuntungan menjadi seorang penulis lepas online.

1. Memiliki Waktu yang Fleksibel

Penulis artikel lepas memiliki keleluasan waktu yang bebas, kapan, dimana untuk bekerja menulis artikel. Entah itu pulang kerja atau kapan saja semua kita yang mengatur.

Namun kebebasan itu harus diimbangi dengan cara pandai mengatur waktu, sehingga tidak ada customer yang kecewa karena pengiriman telat atau hal lainya.

2. Lebih Cerdas

Seorang penulis lepas atau blogger biasanya memiliki kecerdasan tinggi dikarenakan kebiasaan membaca, menganalisa, menuangkan ide atau membuat tulisan, semua itu menjadikannya lebih pintar dan cerdas.

3. Memiliki Teman Blogger Terkenal

Ada kemungkinan sebagai seorang penulis lepas akan banyak mengenal blogger ternama terkait dengan pekerjaanya sebagai penulis lepas. Dengan mengenal blogger terkenal tentu akan dapat memberikan banyak pelajaran bagi kita. Karena untuk menjadi sukses harus berteman dengan orang-orang yang telah sukses.

4. Memiliki Peluang Mendapatkan Profit

Menjadi penulis adalah salah satu aktivitas yang dapat menghasilkan uang. Anda bisa memulainya dengan membangun blog pribadi. Jika blog tersebut berisi konten yang banyak bermanfaat, tentu akan mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak. Dengan bekal keahlian menulis dan blog tersebut Anda sudah memiliki peluang untuk monetasikan blog tersebut untuk mendatangkan profit.

Menjadi seorang penulis lepas online merupakan pilihan kerja part time atau freelance tanpa harus keluar dari pekerjaan tetap, namun harus dilandasi dengan keahlian dan ketrampilan yang mumpuni. Karena bisnis apapun yang kita jalani akan selalu bertemu dengan persaingan.

Demikian cara menjadi penulis artikel lepas online yang menghasilkan uang. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Penulis


EmoticonEmoticon