Ciri-Ciri Artikel yang Berkualitas dan Menarik untuk di Baca

Ciri Artikel Berkuallitas

Selama ini pasti Anda selalu berusaha menulis artikel yang berkualitas untuk posting blog/website Anda agar banyak pengunjung yang membaca sehingga trafik blog naik.

Namun bagaimana jika Anda ingin menilai tulisan artikel sendiri atau orang lain sebagai artikel yang termasuk berkualitas dengan pemahaman Anda sendiri.

Sebagai contoh jika ada artikel yang banyak dikomentari dan bilang bagus atau suka, menurut saya itu belum bisa sepenuhnya untuk dijadikan patokan bahwa artikel tersebut berkualitas.

Maka dari itu perlu sekali bagi kita untuk memperjelas pandangan kita sebagai blogger perihal tentang menilai mana artikel yang berkualitas dan mana yang asal-asalan (copy paster).

Nah, berikut ini beberapa point mengenai ciri-ciri artikel yang berkualitas:

1. Artikel Merupakan Hasil Pemikiran Sendiri

Artikel yang dibuat berdasarkan pemikiran sendiri adalah faktor penting yang dalam melihat artikel kualitas. Tetapi ini harus tetap di imbangi dengan materi yang bernilai bukan asal nulis saja.

Konten berkualitas dan hasil pemikiran sendiri akan dibaca lebih antusias dan memberikan motivasi pada pembacanya, karena isi konten orisinil bukan copy paste. Coba Anda baca artikel hasil copy paste tentu akan terkekang dan malas membacanya, karena Anda sudah pernah membacanya.

Artikel orisinil biasanya menyajikan hal baru untuk pembacanya, apalagi jika Anda yakin bahwa penulisnya telah membuktikan sendiri apa yang telah ditulis lalu membagikanya kepada Anda semua, maka Anda akan memiliki energi lain dan turut termotivasi.

Untuk menjadi berkualitas, artikel yang dibuat tidak harus inspiratif, akan tetapi saat artikel dibuat hasil pemikiran sendiri membawa banyak manfaat bagi pembaca, itu bisa dikatakan berkualitas.

2. Menggunakan Kajian dari Sumber yang Relevan

Dalam menulis artikel biasanya ada sumber yang menjadi referensi dan sumber tersebut Anda rangkum dan diolah kembali lalu menyajikanya secara up to date. Misalnya Anda menulis artikel dari beberapa sumber dengan cara merangkai dan menambahkan kalimat-kalimat Anda sendiri untuk dijadikan satu pembahasan sesuai gaya Anda agar nantinya menjadi karya yang lebih baik. Dengan catatan tidak menyalahi kaidah dari sumber yang kita dapatkan.

Jadi, janganlah kita hanya menjadi perantara informasi saja. Mestinya kita dapat mengkaji lebih dalam lagi sumber-sumber yang kita berikan pada pengunjung dan membuatnya lebih menarik dari sumber yang kita dapatkan, dan ini akan lebih disukai oleh pembaca nantinya.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, artikel Anda bisa menjadi bahan referensi atau acuan bagi blogger lainya. Semakin Anda belajar mengkaji referensi, maka semakin banyak kesempatan Anda untuk bisa menghasilkan referensi-referensi yang berdiri sendiri.

3. Dapat dibuktikan dan Nyata

Artikel yang berkualitas harus dapat membuktikan langsung dan isinya dapat dipertanggungjawabkan oleh penulis artikel itu sendiri. Sehingga Anda akan mendapatkan kepercayaan dari pengunjung.

Selain itu, artikel berkualitas juga harus disertai dengan bukti testimoni, foto-foto atau mungkin komentar yang banyak dari pembaca akan lebih memperkuat lagi.

Jika semua itu sudah ada, pengunjung tanpa ragu akan meniru atau mempraktekanya terutama bagi mereka yang membutuhkan. Dengan begitu artikel yang disertai bukti yang benar dan nyata adalah artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

4. Informatif dan Bermanfaat

Ciri yang terakhir dari artikel berkualitas adalah bersifat informatif dan lebih mengutamakan manfaat bagi para pengunjung daripada mengejar SEO atau lainya.

Artikel semacam ini juga dibangun secara sederhana dan tidak menggunakan banyak hiasan seperti animasi atau ornamen yang justru akan membuat pembaca tidak nyaman. Karena penulis benar-benar punya niat untuk membagikan informasi yang bermanfaat kepada semua pembaca.

Bagaimanapun juga artikel yang berkualitas dan bermanfaat akan tetap mendatangkan banyak pengunjung sekalipun tema yang digunakanya sederhana atau kurang menarik.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri artikel berkualitas dan semoga dapat menjadi motivasi dalam setiap akan menulis artikel untuk menghasilkan karya yang hebat.

Penulis


EmoticonEmoticon