Pengertian dan Manfaat Disqus

Kelebihan dan kelemahan Disqus

Disqus merupakan salah satu alternatif untuk mengganti komentar di blog, karena memiliki banyak fasilitas dan manfaat yang di dapat dan sudah terhubung dengan jaringan media sosial seperti Facebook, Google+ dan Twitter.

Pengertian Disqus

Disqus adalah sebuah layanan komentar dalam dunia maya yang dapat di integrasikan pada patform blog seperti Blogspot, Wordpress danTumblr guna mendukung layanan diskusi bagi para pengguna di dunia maya. Selain itu Disqus juga sudah mendukung jenis CMS seperti Drupal, Joomla, Doku, Yolasite dan lainya.

Sejarah Disqus

Disqus berdiri sekitar tahun 2007 yang telah di dukung oleh para investor dari Union Square Ventures dan Y Combinator yang berada di San Fransisco. Setelah 1 tahun berdiri Disqus telah mempunyai 150 ribu pengguna yang terdaftar dan sekitar 17 ribu di gunakan pada komunitas terkenal seperti blogger dan lainya. Pada bulan Agustus 2010 data pengguna disqus meningkat drastis sekitar 13 juta dan 500 ribu lebih pada komunitas web atau blog.

Pelopor Disqus dan CEO bernama Daniel Ha dan Jason Yan sebagai pelopor Disqus dan CTO, untuk Direktur pengembang komunitas bernama Gianni Calvert dan wakilnya Ro Gupta. Mereka semua sangat percaya bahwa masyarakat akan banyak yang berdiskusi di dunia maya seperti halnya fasilitas komentar yang ada di blog atau wordpress. Dengan begitu mereka berkeinginan untuk menfasilitasi sebuah diskusi dengan jangkauan yang lebih luas yang dapat berintegrasi dengan situs atau website dan media sosial.

Buat sobat yang tertarik untuk memasang Disqus di blog alangkah baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan pertimbangan walaupun sudah banyak yang memasangnya di blog.

Kelebihan dan Kekurangan komentar Disqus.

Di lihat dari manfaatnya disqus setelah penulis menggunakan komentar disqus menyimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Komentar Disqus

1. Tampilan Yang Menarik.
Tampilan form komentar disqus terlihat elegan dan menarik sehingga dapat membuat pengunjung betah dan di sukai oleh banyak pembaca.

2. Sudah Terhubung Dengan Berbagai Media Sosial.
Dapat berkomentar menggunakan akun media sosial seperti Facebook, Google+ maupun Twitter dapat juga menggunakan akun disqus dengan syarat sudah terdaftar.

3. Memiliki Sistem Keamanan Yang Bagus.
Sistem keamanan yang di tanamkan disqus berbeda dengan form komentar lainya dalam mendeteksi adanya spam yang sudah di dukung dengan komunitas untuk menfilter komentar yang tidak sesuai tata krama dan sopan santun. Tidak memerlukan adanya chaptcha karena komentar secara otomatis akan disaring.

4. Dapat Mengimport Komentar.
Adanya fitur untuk mengimport atau memindahkan komentar lain ke disqus seperti Wordpress, Blogger, MoveableType, JS-KIT Echo dan platform lainya dengan format WXR XML. Jadi jangan khawatir untuk kehilangan komentar lama setelah memakai disqus.

5. Komentar Yang Realtime.
Komentar yang telah di buat akan langsung muncul tanpa harus nunggu muat ulang halaman seperti pada Blog atau Wordpress.

6. Telah Mendukung Penanda HTML.
Disqus telah mendukung banyak tag HTML seperti pre, code, a, sup, strong, em dan lainya.

7. Dapat Moderasi Komentar.
Dengan adanya fitur moderasi pada disqus kita dapat moderasi komentar yang orang lain kirimkan sehingga kita dapat menyaring mana yang baik dan tidak untuk di terbitkan.

8. Komunitas Diskusi.
Disqus sendiri merupakan sebuah komunitas yang memungkinkan kita untuk mengikuti diskusi yang sesuai dengan tema blog.

Kekurangan Komentar Disqus.

1. Loading Disqus Agak Berat.
Dalam perhitungan pagespeed score komentar disqus memang memiliki pengaruh pada jumlah scorenya, ini di karenakan banyaknya fitur-fitur yang ada pada disqus akibatnya loading blog menjadi sedikit lambat. Tetapi menurut saya ini masih wajar mengingat banyak sekali manfaat yang di dapat dari disqus.

2. Tidak Ada Fitur Emotion.
Untuk saat ini Disqus belum menanamkan adanya fitur emotion pada komentar dan semoga disqus secepatnya menambahkan fitur tersebut.

Dan akhirnya selesai juga dalam menulis artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan apabila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Baca juga :
1.  Cara Memasang Komentar Disqus di Blog.
2.  Cara Memasang Widget Komentar Terbaru Disqus

Penulis

3 komentar

HTML Pro Team has got an extensive expertise in Design/AI/PSD to Drupal Theme Conversion. HTML Pro is a trusted name among all Drupal development service providers, with a team of 50+ in-house developers; we’re passionate to provide you the most reliable Drupal development services. Our Drupal code meets all the web standards as we deliver W3C valid, SEO semantic, pixel perfect and handwritten markup.

thanks gan atas artikel bermanfaatnya

sama-sama agan Fajrin, makasih kunjunganya


EmoticonEmoticon