Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO

cara menulis artikel berkualitas standar seo

Ada 2 faktor yang mesti kita perhatikan dalam menulis artikel berkualitas, yaitu konten artikel dan optimasi SEO. Faktor konten ditujukan untuk pembaca sedangkan optimasi SEO untuk mesin telusur. Jika keduanya dijalankan dengan baik, maka konten Anda memiliki peluang besar untuk masuk halaman pertama mesin pencari.

Namun semua tergantung pada diri kita, bagaimana cara mengupayakanya agar bisa dijalankan secara maksimal dengan hasil sesuai harapan. Jika hasilnya masih kurang, Anda bisa mengevaluasi kesalahan atau teknik yang mungkin belum diterapkan. Sehingga tahu mana yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki lagi.

Mengandalkan artikel berkualitas saja, saya rasa masih belum cukup untuk mengalahkan persaingan konten dan algoritma Google yang semakin ketat. Jadi, secara tidak langsung mesin pencari menuntut blogger untuk membuat artikel dengan konten yang lebih dari berkualitas (istimewa).

Nah, dari pemikiran diatas saya telah meringkas beberapa tips menulis artikel yang berkualitas dan SEO friendly.

1. Analisa Topik

Menganalisa topik adalah suatu tahap yang sangat penting sebelum menulis artikel. Yaitu mencari topik yang tepat untuk dijadikan gagasan dalam menulis artikel dengan cara mengamati secara detail dan mengkajinya lebih dalam. Sehingga Anda akan memiliki kesempatan untuk menciptakan konten artikel yang banyak diminati oleh pengguna mesin pencari.

Sumber yang paling efektif untuk mencari topik yang tepat adalah pada Media Sosial, Forum Diskusi atau Komunitas dengan topik relevan.

Misalnya saja, Anda bergabung pada forum diskusi terkenal dari Indonesia, dari sana Anda dapat mempelajari mulai dari topik yang banyak dibahas sampai pemecahan masalahnya. Sehingga Anda akan memeperoleh ilmu pengetahuan dan pandangan untuk menentukan topik yang tepat.

Cara lainnya adalah melakukan blogwalking ke situs yang terkenal. Cara ini cukup efektif untuk mengamati artikel mana yang paling banyak mendapatkan antusias dari pengunjung seperti banyaknya jumlah komentar, like dan lainya.

Dari metode diatas semestinya kita dapat menemukan vasiasi kata kunci atau topik baru serta memperkirakan topik dengan volume pencarian yang tinggi ataupun rendah.

2. Struktur Artikel

Buatlah kerangka artikel yang tersusun urut penjelasanya dari bagian awal sampai penutup. Sehingga konteks artikel terlihat seperti ada alur ceritanya. Tujuanya jelas, agar pembaca lebih mudah ketika ingin membaca pada bagian-bagian tertentu saja.

3. Menulis Artikel

Jika Anda telah menentukan topik atau ide, langkah selanjutnya adalah mencari sumber sebagai referensi untuk dikaji lebih dalam lagi.

Sumber referensi bisa Anda dapatkan melalui Buku, Media Internet, Media elektro atau bisa juga mengandalkan keahlian & pengalaman sendiri. Semua itu bisa dijadikan sebagai bahan materi artikel, dengan catatan tanpa mengubah kaidah sumber aslinya.

Sumber yang telah didapatkan kemudian kita pahami maknanya, ambil bagian yang penting lalu rangkailah dengan kalimat dan gaya bahasa Anda sendiri untuk menjadi konten yang hebat.

Jangan lupa tingkatkan kualitas kontenya lagi, dengan menambahkan poin-poin yang masih kurang atau teknik yang lebih efektif sehingga artikel menjadi lebih baik dan up to date.

4. Koreksi Kesalahan

Sebelum dipublikasikan, alangkah baiknya koreksi kembali konten artikelnya. Kemungkinan ada kesalahan saat menulis konten atau ada yang perlu ditambahkan lagi.

Tujuan koreksi disini untuk mengamati dan memeriksa apakah konten artikel semuanya sudah benar dan layak untuk disajikan pada pembaca.

Saran saya, gunakan bahasa sederhana dan yang terpenting adalah pembaca mengerti dengan apa yang Anda telah tulis.

5. Optimasi SEO Untuk Artikel

Melakukan optimasi SEO dapat membantu mesin telusur lebih cepat menemukan konten Anda dan meningkatkan peringkat pada halaman pencarian.

#Judul yang Deskriptif. Setidaknya judul artikel mengandung kata kunci utama dan kata yang dapat mewakili kesuluruhan konten artikel.

#Gunakan kata kunci. Kata kunci adalah kata yang masih berkaitan dengan topik utama. Anda dapat menyisipkanya pada paragraf dengan tetap menjaga keharmonisan kalimat sehingga tampak alami. Sehingga mesin telusur akan lebih cepat menemukan artikel Anda.

#Internal & Eksternal Link. Jika memungkinkan tambahkan internal link yang menuju halaman lain dengan konten yang masih berkaitan dan eksternal link yang menuju blog/website lain. Karena link yang relevan akan meningkatkan nilai SEO konten Anda.

#Gunakan Tag Alt Gambar. Jangan lupa isikan judul pada gambar untuk lebih mudah dikenali pengguna dan Tag Alt gambar untuk mesin pencari. Poin ini akan berpengaruh juga pada pencarian mode gambar/image.

#URL Permalink. Usahakan menggunakan URL permalink yang singkat saja, karena URL yang dihasilkan secara otomatis biasanya masih kurang sesuai atau terlalu panjang, sehingga butuh modifikasi URL.

#Optimasi Meta Description. Optimalkan meta description dengan mengisi kalimat yang menarik dan mengandung kata kunci utama agar konten artikel Anda semakin memiliki kandungan SEO yang banyak. 

6. Promosikan ke Media Sosial

Sebagus apapun konten artikel Anda jika jarang yang buka/membaca akan sulit untuk dikenal banyak orang atau bertengger di halaman pertama mesin pencari. Dengan promosi ke media sosial artikel Anda akan lebih cepat dikenal dan blog/website Anda mendapat trafik lebih banyak.

Karena bukan hanya produk saja, artikel pun sama halnya membutuhkan promosi entah itu dengan share ke media sosial atau dengan cara lain yang Anda gunakan.

Kesimpulan

Konten artikel yang berkualitas tidak mudah untuk dibuat, namun butuh rencana yang matang dan memerlukan teknik/sistem yang tepat guna agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Panduan ini adalah hanya dari beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda terutama blogger pemula untuk membuat artikel lebih berkualitas dan bermakna bagi para pengguna.

Dan sekian saja tips dari saya, mohon maaf jika banyak kesalahan atau kekurangan. Jika ada saran dan kritik silahkan masukan dalam komentar dibawah ini.

Penulis

1 komentar so far


EmoticonEmoticon