6 Tips Menjadi Blogger yang Produktif

Menjadi Blogger Produktif

Blogger produktif adalah blogger yang rajin membuat artikel secara konsisten di blognya, meskipun menulis hanya seminggu 2 kali. Itu akan lebih baik dibanding satu minggu full ngeblog, lalu sebulan kosong. Dengan catatan artikelnya bukan asal-asalan melainkan dapat memberi manfaat bagi pembaca.

Memiliki kesibukan diluar blogging adalah kendala yang membuat mereka jarang aktif. Namun untuk menjadi blogger yang produktif Anda tidak boleh menjadikanya itu sebagai alasan untuk tidak menulis artikel. Kita harus bisa berusaha menulis disela kesibukan yang ada. Karena untuk menjaga blog tetap produktif, kita diharuskan untuk tetap update secara konsisten.

Menjadi blogger produktif memang tidak mudah, banyak kendala yang harus kita hadapi dan butuh perjuangan terutama ketika membuat artikel, mulai dari mencari ide, menulis, editing dan mempublikasikan.

Tanpa produktif kayaknya sulit untuk meraih kesuksesan dalam rentang waktu yang mungkin telah kita tetapkan sebelumnya. Untuk itu kita butuh semacam sistem yang tepat agar hasilnya bisa maksimal.

Saya sendiri sekarang masih berusaha untuk menjadi blogger yang produktif meski belum bisa sepenuhnya. Berikut ini saya tuliskan bagaimana cara menghadapi kendala seorang blogger untuk menjadi lebih produktif.

1. Buatlah Jadwal Menulis

Jadwal menulis yang telah dibuat akan melatih diri kita untuk menjadi blogger yang disiplin, dibandingkan menulis artikel begitu saja tanpa ada jadwal sebelumnya. Jika hal ini diterapkan dengan sendirinya konsistensi akan terbentuk.

Jadwal bisa berisi target yang kita rencanakan dalam rentang waktu kedepan. Misalnya minggu ini menulis artikel tentang ngeblog, maka dalam seminggu Anda harus bertindak untuk mengerjakan target tersebut. Dari sini Anda bisa tahu, sampai dimana kemajuan Anda dan apa saja yang perlu ditingkatkan.

2. Hindari Kebiasaan Menunda

Kebiasaan menunda biasanya muncul saat rasa malas menghampirinya atau lebih memilih aktivitas di luar blogging, seperti browsing yang tidak jelas atau kurang bermanfaat. Dalam kondisi seperti ini kita harus bisa memaksakan diri untuk tetap menulis.

Jadi selama kita masih punya waktu untuk menulis, tidak ada salahnya jika disisi dengan menentukan ide, membuat sub bahasan atau membuat garis besarnya saja. Jadi tidak ada waktu yang tebuang sia-sia.

Kebiasaan menunda juga akan menyita waktu, dan alangkah baiknya jika pekerjaan diselesaikan secepatnya. Sehingga, Anda dapat mengerjakan tugas yang lain atau membuat artikel lagi meskipun hanya sebagai blogger part time.

3. Perbanyak Materi.

Ini adalah salah satu kendala banyak blogger untuk meningkatkan produktivitas. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan memperbanyak materi sehingga Anda memiliki bahan untuk menulis. Misalnya dengan banyak membaca buku, berkunjung ke blog lain atau berkomentar dengan topik yang masih berkaitan.

Banyak sekali kegiatan untuk menambah wawasan kita seperti mengikuti event blog, aktif dalam forum-forum terkenal, kopi darat antar sesama blogger dan sebagainya. Semua itu bisa dijadikan materi untuk menunjang pengetahuan kita agar proses menulis artikel lebih mudah. Jadi intinya mau belajar apapun yang masih berkaitan dengan ngeblog sekalipun itu hanya sedikit.

4. Buat Artikel Draft

Artikel draft digunakan untuk membantu saat Anda tidak memiliki waktu untuk menulis artikel. Misalnya, sakit atau ada keperluan lain. Jika Anda telah memiliki sebelumnya, Anda tinggal mempublikasikan saja. Dengan begitu blog ada akan konsisten dan tetap produktif.

5. Gunakan Waktu Luang

Apabila Anda memiliki pekerjaan atau kesibukan di luar blogging, Pandai-pandailah membagi waktu dengan sebaik-baiknya lalu tentukan mana yang mesti dikerjakan lebih dulu.

Menulislah diwaktu luang atau saat semua kesibukan telah selesai. Sehingga pada saat menulis artikel, pikiran Anda lebih tenang atau tidak dibayangi dengan hal-hal yang akan mengganggu kosentrasi blogging.

6. Istirahat Cukup

Berikan waktu untuk istirahat, karena tubuh dan otak kita butuh istirahat. Kita tidak boleh memaksakan diri untuk terus blogging tanpa memperhatikan kondisi kesehatan yang menyebabkan jatuh sakit dan tidak lagi produktif.

Otak yang sudah lelah akan sulit untuk membuat artikel sekalipun telah memiliki ide. Jadi jika perlu buat hari libur dari kegiatan ngeblog Anda, publikasikan artikel sesuai kemapuan Anda dan yang penting tetap konsisten pada jadwal. Tidur yang cukup akan membantu tubuh dan pikiran Anda menjadi fresh dan lebih siap untuk bekerja lagi.

Itulah beberapa tips menghadapi kendala untuk menjadi blogger yang produktif. Semoga bermanfaat.

Penulis


EmoticonEmoticon