7 Tips Menulis Artikel Blog Agar Disukai Pembaca

Menulis Artikel yang Disukai Pembaca


Jaman sekarang persaingan konten sangat banyak untuk satu judul saja sudah ada jutaan yang tampil pada halaman mesin pencari. Pada prakteknya saat berselancar di internet kita disuguhi berbagai pilihan setiap harinya. Hal yang sering dilakukan adalah menyeleksi artikel sesuai yang kita inginkan.

Namun sobat tidak perlu berkecil hati, tetap semangat menulis artikel dengan sebaik-baiknya sesuai kemampuan kita saja. Karena kita tidak akan bisa memenuhi harapan semua orang. Artikel yang baik menurut Anda belum tentu baik bagi orang lain. Jadi kualitas artikel yang baik itu relatif.

Yang terpenting jadi blogger itu dapat menulis artikel yang dapat membantu orang lain demi kemajuan sumber daya manusia Indonesia. Tidak perlu saya harus gini, gitu dan akhirnya akan terbawa arus dan kita akan semakin pusing.

Nah, berikut ini saya tuliskan tips bagaimana cara menulis artikel yang disukai pembaca:

1. To The Point 

Tulis artikel dengan menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dipahami dan tidak basa-basi, artinya penjelasanya langsung ke pokok bahasan. Buatlah hal yang rumit menjadi sederhana, bukan menjelaskan hal yang sederhana dengan cara yang rumit. Jika mampu buatlah artikel secara ringkas, agar konten tidak terlalu panjang sehingga pengunjung tidak jenuh. Untuk jenis artikel pendek maksimal 500-600 kata.

2. Jangan Banyak Tanya

Usahakan dalam menulis artikel tidak terlalu banyak memberikan pertanyaan kepada pembaca dengan ritme yang sering. Ini akan memicu emosional dan ketidaknyamanan seseorang apabila hal itu banyak terdapat dalam paragraf walaupun artikel itu sendiri memang berkualitas. Sebaiknya gunakan secara wajar saja.

Menurut saya, pertanyaan yang kerap kali di lontarkan pada setiap paragraf justru akan mengalihkan pikiran pembaca dan membuat risih. Seolah-olah penulisnya lebih tinggi atau merendahkan kemampuan si pembaca.

3. Konsistensi

Menulislah artikel secara konsistensi atau berkala, sehingga jika blog Anda banyak yang suka, mereka akan menantikan posting berikutnya. Anda bisa menentukan jadwal sendiri untuk menentukan kapan harus membuat artikel.

4. Buatlah Paragraf Pendek

Pecah beberapa tulisan yang panjang dengan membuat paragraf pendek antara 3 sampai baris. Biarpun ini hal yang sepele namun sangat berpengaruh dengan mood pembaca dan untuk mengurangi mata cepat lelah.

5. Menguasai Topik

Tanpa menguasai topik, tulisan akan terlihat kaku dan arah yang tidak jelas. Tapi bila Anda menguasai topik tulisan akan terlihat alami seperti layaknya orang berbicara dan lebih mudah dipahami.

6. Koreksi Kesalahan

Alangkah baiknya sebelum artikel di publikasikan untuk dikoreksi terlebih dahulu kemungkinan ada kesalahan untuk diperbaiki, seperti:

  • Salah ketik
  • Bahasa yang tidak baku
  • Penggunaan tanda baca titik, koma, spasi dan lainya

7. Gunakan Gambar 

Tambahkan gambar minimal 1 diawal atau di tengah artikel sebagai refreshing (break). Karena pada dasarnya membaca itu lebih melelahkan ketimbang melihat gambar atau menonton video.

Itulah beberapa tips agar artikel disukai pembaca, semoga dengan membiasakan diri menulis artikel di blog, akan membuat kita dapat membuat tulisan yang hebat.

Sumber #gambar: pixabay.com

Penulis


EmoticonEmoticon