9 Cara Melakukan Riset Keyword untuk SEO

Cara Riset Keyword

Melakukan riset kata kunci atau keyword research berarti melakukan penelitian/mencari kata kunci yang digunakan oleh orang pada search engine untuk menemukan halaman website yang sesuai dan bermanfaat. Hasil penelitian tersebut kemudian dijadikan topik utama sebagai pedoman membuat konten.

Pada praktek SEO riset keyword bertujuan untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Sehingga produk yang ditawarkan memiliki potensi penjualan yang tinggi. Dan pada akhirnya penghasilan meningkat.

Jadi menggunakan kata kunci yang tepat sasaran pada pengguna sangat diperlukan untuk mendukung proses pemasaran produk/konten blog Anda.

Untuk menemukan kata kunci yang tepat sasaran dibutuhkan riset keyword yang cermat dan analisa tingkat persaingan keyword pada kueri mesin pencari. Sehinga akan diketahui keyword apa yang paling diminati atau kurang diminati oleh user.

Pada umumnya keyword tebagi menjadi dua, yaitu keyword utama (short tail keyword) dan keyword turunan atau lebih dikenal dengan long tail keyword.

Nah, berikut ini saya sajikan beberapa metode untuk riset kata kunci yang tepat.

1. Artikel Page One

Kunjungi artikel page one Google kemudian pahami judulnya, jumlah backlink, URL dan topik kontenya. Metode ini akan mengajarkan kepada kita, bagaimana teknik penggunaan dan penerapan keyword yang tepat pada konten. Dengan begitu kita akan mengetahui keyword-keyword apa saja yang digunakan dan berapa besar kekuatan SEO-nya.

2. Menggunakan Wikipedia

Sebagai perpustakaan online terbesar di internet, Wikipedia bisa menjadi sumber untuk menemukan variasi kata kunci sebagai bahan materi.

Anda bisa mengetik keyword melalui kotak pencarian dengan kata kunci apa saja atau dengan kreativitas sendiri, maka wikipedia akan menampilkan semua kata-kata yang berkaitan dengan dengan kata kunci yang Anda maksud.

3. Membaca Komentar

Membaca komentar pada media sosial atau artikel popular dapat membantu menemukan ide segar tentang kata kunci yang mungkin banyak dicari oleh pengguna (trending topik).

4. Google Suggest

Google suggest atau google autocomplete adalah cara yang mudah dan praktis untuk menemukan keyword. Anda tinggal mengetik keyword sesuai keinginan, maka secara otomatis Google akan melengkapi keyword yang relevan dibawahnya.

Google Suggest

Kekuranganya Google suggest adalah keyword yang disarankan jumlahnya masih terbatas, sehingga untuk mendapatkan keyword yang lebih banyak harus mengujinya satu per satu sampai menemukan keyword yang diinginkan.

5. Webmaster Google

Anda bisa memanfaatkan menu search analytics yang ada di webmaster Google untuk menemukan keyword pendek (Short Tail Keyword) ataupun keyword panjang (Long Tail Keyword).

Untuk membukanya silahkan kunjungi halaman Webmaster Tool kemudian pilih Search Traffic > Search Analytics lalu pilih kategori Queries.

Pada halaman tersebut akan menampilkan kueri penelusuran terbanyak dan teratas untuk blog Anda. Ini bisa menjadi sumber tambahan untuk menemukan kata kunci baru atau mungkin belum pernah Anda rencanakan sebelumnya.

Search Analytics

6. Prediksi

Metode ini peluangnya kecil, namun patut untuk dicoba jika Anda suka berkreativitas dengan pemikiran sendiri. Anda bisa perkirakan kata-kata baru yang mungkin dimasukan pengguna untuk menemukan produk atau konten Anda. Misalnya dengan mengubah kata kunci utama menjadi lebih spesifik atau pikirkan kebutuhan-kebutuhan pengguna yang mungkin akan diketikan pada mesin telusur.

Pengguna baru atau yang berpengalaman sangat mungkin untuk menggunakan frase kata kunci yang berbeda dengan kata kunci yang sudah familiar. Jika ini berhasil akan bermanfaat untuk perkembangan blog Anda.

7. Analisis Tingkat Persaingan


Jika Anda sudah menemukan kata kunci yang tepat, langkah selanjutnya adalah menganalisa tingkat persaingan pada mesin telusur. Tujuanya agar Anda mengetahui apakah keyword yang akan digunakan nanti memiliki persaingan yang tinggi atau rendah.

Untuk blog yang masih pemula sebaiknya membidik kata kunci persaingan tingkat rendah, ini akan mempermudah konten Anda mendapatkan pengunjung yang banyak.

Tapi jika Anda memiliki keahlian SEO atau blog Anda sudah lama silahkan langsung membidik keyword persaingan tingkat tinggi, itu akan lebih baik hasilnya. Karena keyword dengan tingakat persaingan tinggi sudah pasti banyak diminati pembaca.

Untuk mengetahui volume tingkat persaingan, Anda bisa menggunakan tool gratis seperti Google Keyword Planner. Dengan tool ini Anda akan membantu menemukan variasi kata kunci baru dan melihat perkiraan volume penelusuran untuk tiap kata kunci.

Google Adword

Google Adword memang diperuntukan bagi pengguna iklan Adwords, namun buat blog pemula bisa menjadikanya sebagai pedoman untuk mengetahui persaingan kata kunci, meski hasilnya kurang akurat dibandingkan tool yang premium.

Jadi gunakan tool secara maksimal, misalnya dengan mengolah frase/kata lebih kreatif lagi yang dimasukan agar bisa menghasilkan lebih detail.

Untuk tool gratis lainya, Anda bisa mencoba Google Trends untuk menganalisis tingkat persaingan keyword yang sedang trend dalam kurun waktu tertentu.

8. Google Results

Cara lain untuk mengetahui tingkat persaingan keyword adalah dengan menggunakan Google results yang ada dibawah kotak pencaraian. Semakin besar nilai result yang ditampilkan akan semakin tinggi tingkat persaingan keyword tersebut begitu juga sebaliknya.

Google Results

Jumlah results yang ditampilkan Google hanya perkiraan saja, jadi mungkin kurang akurat, namun bagi Anda blogger yang masih pemula dapat dijadikan pembelajaran dasar untuk membuat artikel.

Selain cara diatas, Anda bisa mencoba riset keyword dengan SEMRush, Ubersuggest, MozBar, KeywordTool.io dan tool gratis lainya.

9. Penerapan Keyword pada Konten

Untuk blog jenis penawaran barang sebaiknya tentukan dulu keyword yang menjadi prioritasnya, seperti:
  • Informasi barang > Harga barang > Transaksi barang.

Gunakan hasil riset keyword tadi sebagai topik untuk membuat artikel, kemudian implementasikan keyword tersebut pada beberapa bagian seperti:

  • Judul 
  • URL
  • Backlink
  • Meta Description
  • Konten Artikel

Kesimpulan

Apapun tool yang digunakan untuk riset keyword adalah semua upaya atau optimasi untuk mendapatkan kata kunci yang tepat sasaran bagi pengguna. Namun semua kembali lagi pada tujuan utama bahwa konten yang bermakna itu lebih penting. Maka utamakan konten baru kemudian optimalkan keyword.

Demikian penejelasan singkat tentang cara riset keyword untuk seo. Semoga dapat memberikan manfaat terutama bagi blogger pemula.

Penulis


EmoticonEmoticon