Cara Mudah Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Drop

Power Bank Smartphone

Mobilitas yang tinggi menuntut seseorang untuk menggunakan perangkat tambahan seperti Power Bank. Terutama bagi mereka pengguna smartphone yang bekerja atau memiliki kesibukan pada area outdoor. Karena jika mengandalkan baterai bawaan saja tidak cukup, sedangkan komunikasi harus tetap berjalan.

Banyak pilihan harga dan rupa yang di tawarkan dari berbagai vendor dari harga yang murah sampai harga tinggi. Harga yang tinggi biasanya membawa rupa dan kualitas yang lebih baik.

Namun jika Anda sudah membeli power bank dengan harga mahal, tetapi masih sering mengalami ngedrop atau baterai low. Hal ini tentu tidak di inginkan oleh pengguna smartphone.

Yang sering terjadi adalah kurangnya memperhatikan power bank untuk di jaga supaya bertahan lama dan tetap terjaga kualitasnya.

Nah untuk itu saya akan memberikan tips cara merawat power bank agar awet dan bertahan lama fungsinya.

Jangan Terlalu Sering Isi Ulang

Sama halnya dengan smartphone, power bank juga membutuhkan isi ulang daya agar bisa digunakan. Power bank  juga memiliki baterai layaknya smartphone, seperti Li-lon (Lithium lon) atau Li-po (Lithium-polimer), Anda bisa lihat pada permukaan power bank. Kedua jenis baterai tersebut memiliki daya yang berbeda.

Pada Power bank dengan baterai Li-lon memiliki siklus hidup 500 kali isi ulang, sedangkan pada power bank Li-po memiliki siklus hidup hingga 1000 kali isi ulang. Jadi jangan terlalu sering mengisi daya power bank, dikarenakan jika hampir mencapai siklus maksimal, power bank akan cepat habis dan pengisian akan lebih lama.

Usahakan Isi Ulang Saat Mulai Low

Masih berhubungan dengan point yang diatas, jadi mengisi/charging power bank usahakan saat indikator menunjukan tanda low. Saat indikator low biasanya di tunjukan dengan sisa 1 LED, jangan isi ulang power bank ketika masih menunjukan 2 LED menyala.

Hindari juga mengisi ulang saat power bank kehabisan daya sama sekali, karena akan membuat Anda kesulitan saat membutuhkanya, hal ini juga akan membuat proses pengisian lebih lama dan membuat baterai power bank cepat rusak/aus.

Hindari Over Charging pada Power Bank

Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan semua orang pada gadgetnya, baik itu Smartphone, Laptop, Power bank yang sering di biarkan over charging. Padahal untuk perangkat yang tidak memiliki over charging protection, akan membuat baterainya cepat rusak/lemah.

Jika Anda memiliki kebiasaan charging di tinggal tidur, alangkah baiknya gunakan adaptor listrik yang di lengkapi dengan Timer, untuk menghindari over charging.

Hindari Penggunaan Smartphone Saat Isi Ulang dengan Power Bank

Jika ingin Smartphone dan power bank awet hindari penggunaan smartphone saat sedang di charger oleh power bank. Karena akan membuat arus listrik tidak stabil. Berbahaya juga untuk smartphone dan dapat membuat baterai power bank menjadi bocor.

Hindari Tempat Panas

Saat power bank di gunakan untuk isi ulang, jangan menyimpanya di tempat yang suhunya panas. Mengapa? karena saat di gunakan, permukaan power bank akan mengeluarkan panas. Bila di simpan di tempat yang panas, hal ini akan memmbuat tidak adanya sirkulasi udara power bank dan membuat power bank menyimpan panas yang berlebihan. hal ini juga berdampak pada chasing/permukaan power bank yang cepat kusam.

Hindari Benturan

Gadget seperti power bank tidak di rancang untuk tahan benturan, walaupun terbuat dari bahan metal. Namun lebih menjaga agar komponen baterai dan permukaan output tidak kendor, sehingga tidak berfungsi.

Usahakan Mencuci Power Bank

Agar tampilan power bank terlihat cantik, sempatkan sesekali waktu Anda untuk mencuci power bank Anda.

Caranya dengan menggunakan busa pencuci piring, lalu usapkan dengan spon atau sikat gigi. Usahakan busanya tidak ada yang merembes ke dalam agar tidak merusak komponen power bank.

Sekian dulu sobat, tips merawat power bank agar awet dan bertahan lama. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Penulis

1 komentar so far

terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essen-kilo-gebrus-nila/


EmoticonEmoticon