7 Powerfull Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas

cara menulis artikel seo

Untuk dapat menulis artikel yang baik dengan kualitas SEO Friendly, banyak sekali hal yang perlu kita ketahui dan pelajari sebagai pedoman sebelum membuat konten. Salah satunya dengan memanfaatkan panduan dari Google dan tutorial blog dengan topik tertentu yang banyak beredar di internet, atau berasal dari Anda sendiri yang seorang master SEO?.

Mungkin sobat sudah akrab dengan panduan seperti ini di internet, itu di karenakan topik ini penting jadi wajar kalau banyak yang membahas. Maka dari itu di butuhkan modal, seperti pengetahuan, keahlian, pengalaman dan pengujian.

Jika modal tersebut sudah ada dalam diri kita, tentu akan mudah dalam merangkai kata-kata yang bermakna untuk menyusun artikel, sehingga bermanfaat bagi pembaca. Hal ini di karenakan artikel di tulis dengan perasaan oleh orang yang benar-benar paham.

Inti dari artikel yang baik adalah konten yang di tulis dengan kalimat yang menarik dan enak di baca sehingga pembaca dapat merasakan/mengetahui manfaatnya di bandingkan sebelumnya. Mungkin ini yang di maksud Google dengan kalimat "kaya akan makna".

Tujuan dari artikel ini di buat untuk menyajikan konten yang berkualitas yang ramah pengguna/mesin telusur. Sehinga googlebot lebih mudah merayapi, mengindek dan memahami konten Anda.

Nah, di bawah ini adalah langkah menulis artikel seo friendly dan berkualitas :

1. Memahami karakter pengguna

Jika ada sebuah artikel panjang 1000 kata lalu di baca oleh pengguna sampai selesai, tentu akan butuh waktu yang lebih lama di bandingkan membaca dengan sekilas saja. Kemungkinan ini terjadi karena nilai konten antara satu dengan lainya berbeda walaupun topiknya sama.

Dari kalimat di atas terlihat jelas bahwa artikel yang bernilai memiliki durasi baca yang lebih lama. Semakin lama durasinya akan semakin tinggi nilai kontenya begitu juga sebaliknya.

Lalu bagaimana situs yang menyajikan konten kualitas rendah?

Pengunjung akan membaca sekilas - kilas saja kemudian menutup laman dengan perasaan kecewa dan mencari situs lain yang lebih bermanfaat. Karena apa yang di cari tidak di temukan dan ini akan mempengaruhi presentase bounce rate situs.

Jadi konten yang berkualitas memiliki banyak pengaruh terhadap pengguna saat berinteraksi dengan situs.

Selain konten berbobot, karakter pengguna juga di pengaruhi adanya tampilan visual seperti :

  • Desain tema yang simpel dan profesional.
  • Navigasi yang mudah untuk menjangkau keseluruhan isi situs.
  • Penggunaan font yang tepat sehingga mudah di baca.
  • Gaya bahasa yang di gunakan sesuai dengan minat pembaca.
  • Menggunakan struktur kalimat yang sistematis, dan lainya.

Dengan begitu pengunjung akan merasa betah dan nyaman karena di pentingkan oleh pemilik situs.

Semua aktivitas pengguna tersebut akan di jadikan metadata oleh algoritma mesin telusur untuk mengukur seberapa besar kandungan kualitas kontenya, termasuk penentuan peringkat pada mesin telusur. Karena Google mengutamakan hasil yang terbaik.

2. Buat Judul yang Menarik Minat Pembaca

Buatlah judul yang singkat dengan menyertakan keyword utama yang menjadi target Anda. Sebagai contoh saya menggunakan keyword "Membuat blog", maka dalam judul harus ada kata "Membuat blog".

Pada laman pencarian judul memiliki kekuatan sendiri dalam hal ketertarikan/minat untuk membaca, dan ini adalah manusiawi bukan robot yang bekerja hanya mengikuti algoritma saja.

Contoh perbandingan judul :

  1. Cara Membuat Blog Gratis
  2. Cara Membuat Blog Dalam 6 Langkah Praktis (Untuk Pemula)
  3. Panduan Cara Membuat Blog Gratis Terbaru dan Terlengkap 2017

Jika ke tiga judul di atas muncul di laman pencarian, mungkin judul nomer 2 akan paling banyak mendapatkan klik.

Yang pertama terlalu standar atau kurang deskriptif membuat pengunjung tidak tertarik membaca.
Pada judul kedua ada kata-kata deskriptif dan nilai lebih sehingga lebih menarik di banding lainya.
Judul ketiga berlebihan dan tidak beraturan atau kurang menarik.

Deskriptif bisa di artikan kata sifat yang dapat mewakili/menggambarkan dari isi keseluruhan topik.

Pada judul usahakan jumlah karakter tidak melebihi 70 karakter, jika tidak ingin terpotong pada laman pencarian dan di hitung berdasarkan besar kecilnya huruf, spacy, tanda baca dan lainya.

Update Google juga telah membatasi judul di laman pencarian menjadi 600 pixel.

3. Struktur Artikel yang Baik

Sama halnya menulis ilmiah, artikel yang baik juga menggunakan struktur/kerangka yang terdiri atas pendahuluan, isi dan penutup. Namun sistematika penulisan pada artikel tidak menggunakan bagian-bagian seperti bab, akan tetapi hanya di tandai dengan peralihan paragraf saja.

Jika paragraf yang di buat banyak, Anda dapat memecahnya lagi menjadi subheader agar lebih ringan untuk di baca.

Gunakan bold, italic dan underline untuk memberikan penekanan pada kata-kata yang penting saja dan hindari penggunaan yang berlebihan, misalnya untuk kata kunci atau istilah asing.

Dengan adanya struktur, konten akan tersusun rapi dan terlihat sistematis.

4. Tulis Artikel yang Berbobot

Artikel yang berbobot adalah artikel yang memiliki nilai lebih dengan penjelasan TUNTAS

dan....

  1. Dapat di rasakan langsung/tidak langsung manfaatnya oleh pengguna,
  2. Menjadi panduan/jalan keluar untuk setiap permasalahan pembaca,
  3. Menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca di banding sebelum baca,

sehingga pembaca akan merasa puas.

Untuk mem-PRODUKSI artikel dengan kualitas seperti di atas bisa di bilang sangat sulit, terkecuali mereka-mereka para pakar, ahli, master web dan mereka yang benar-benar paham atau belajar serius.

Langkah untuk menulis artikel berkualitas adalah :

  1. Mengumpulkan konten-konten terbaik sesuai topik Anda.
  2. Menganalisa konten.
  3. Meningkatkan/melengkapi materi konten.

Mengumpulkan konten-konten terbaik sesuai topik

Carilah konten terbaik di internet yang sejenis dengan topik Anda. Gunakan pencarian Google atau dengan memanfaatkan tool gratis untuk mencari konten yang paling populer seperti buzzsumo.com atau lainya.

Menganalisa Konten

Tugas Anda selanjutnya adalah menganalisa kelebihan dan kelemahan masing- masing konten dan catat point-point yang penting. Kemudian kita buat konten yang lebih baik.

Tingkatkan materi konten

Lengkapi konten Anda dengan menambahkan informasi baru yang belum ada pada konten tadi sehingga lebih komplit.

Perbaharui konten yang kadaluarsa dengan mengganti yang baru. Seperti program aplikasi atau link-link yang rusak/tidak berfungsi. Karena aturan 1 tahun yang lalu dengan sekarang bisa saja sudah mengalami perubahan.

Jika memungkinkan tambahkan gambar, chart, infographics atau video yang relevan untuk membantu penjelasan konten media visual. Jangan lupa sertakan atribut Alt gambar dengan keyword Anda.

Gunakan fonts yang tepat agar tulisan enak di baca dengan memperhatikan ukuran, warna, jenis font dan lainya.

Gunakan bahasa yang sederhana, tulis yang penting saja dan memang di perlukan. Tidak perlu basa-basi dalam menjelaskan apalagi sengaja memperbanyak tulisan. Ini kurang efektif, karena pembaca akan jenuh.

5. Gunakan Kata Kunci LSI 

Laten Semantic Indexing (LSI) bisa di artikan kata-kata yang masih berhubungan/berkaitan dengan keyword utama konten. Fungsinya membantu mesin pencari menentukan hasil yang paling relevan dari kueri penelusuran.

Mesin telusur dapat membedakan kata Apple, mana yang buah dan mana yang industri dengan membaca kata-kata di sekelilingnya. Ini yang di maksud fungsi dari LSI tersebut.

laten semantic indexing

Contoh apabila keyword utamanya Seo Friendly, maka Anda bisa menggunakan istilah seperti desain web, blog, kueri, mesin telusur, backlink, internal link, kerangka artikel, tema dan lainya. Yang terpenting masih berkaitan dengan topik yang di bahas.

Contoh yang lain, misalnya kata kunci yang di gunakan jual laptop, maka istilah yang berkaitan seperti laptop gaming, notebook murah, spesifikasi, intel, windows, lenovo, toko online dan lainya.

Anda juga bisa mencari keyword LSI lainya menggunakan pencarian terkait Google untuk memperluas istilah-istilah tersebut agar semakin mudah di temukan mesin telusur.

google related search

Contoh penerapan LSI pada artikel.

"Sekarang sudah banyak toko online yang menjual laptop baik itu yang masih baru ataupun second, dari harga laptop yang paling murah dengan kualitas bagus sampai yang mahal. Jenis laptop yang di tawarkan juga banyak seperti notebook lenovo, notebook acer, dan lainya.
Di bawah ini adalah daftar harga laptop dan notebook tahun 2017 dengan harga kisaran di bawah 2 juta."

Gunakan kata kunci LSI seperlunya saja agar kalimat terlihat alami dan tidak kaku atau dengan memaksakan LSI yang terlalu banyak.

6. Internal Link dan External Link

Tambahkan internal link pada laman yang menghubungkan ke laman lain dengan isi konten yang masih berkaitan dalam satu topik. Internal link juga dapat memperkuat antara laman yang satu dengan lainya, apalagi salah satu laman ada yang sudah tertanam backlink, tentu lebih bagus dari sisi SEO.

Menambahkan external link untuk menghubungkan ke laman web lain juga bagus dengan memperhatikan web tersebut masih relevan dengan topik situs Anda.

7. Gunakan URL Singkat

Gunakan modifikasi URL atau permalink secara singkat dengan tetap mengandung kata kunci utama.

Sebagai contoh :

Judul : 7 Powerfull Menulis Artikel SEO Friendly dan Berkualitas
Permalink asli :/7-powerfull-menulis-artikel-seo-friendly-dan berkualitas.html
Permalink modifikasi :/cara-menulis-artikel-seo.html

Kesimpulan

Pada intinya artikel berkualitas yang SEO friendly tidak dapat di ciptakan dalam waktu yang singkat, melainkan harus melewati tahapan tertentu untuk hasil yang optimal. Namun saya yakin usaha yang keras, pantang menyerah akan membawa hasil yang tidak mengecewakan bagi kita, walaupun pada akhirnya hasilnya tidak sesuai yang di inginkan.

Salam Blogger!

Penulis

1 komentar so far

Dalam sebuah permainan yang sudah banyak yang mengenal tentang judi online yang bahkan zaman dahulu sudah banyak yang di pengaruhi oleh masyarakat yang ada di dunia . yang sudah berevolusi dengan banyak jenis permainan judi online. situs judi terpercaya


EmoticonEmoticon