Teknik Optimasi SEO On Page pada Blog

Teknik SEO On Page pada Blog adalah  upaya yang dibangun dengan cara teknik tertentu untuk mendapatkan page rank pertama pada halaman  mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dll. Untuk meningkatkan page rank tersebut dibutuhkan sebuah teknik dengan cara penataan atau pengelolaan struktur kode pada  halaman blog itu sendiri  agar mudah dikenali search engine.

Kategori SEO/ Search Engine Optimisme dibedakan menjadi 2 :

1. SEO On Page yaitu optimasi dari dalam blog untuk mendapatkan peringkat pertama pada halaman google seperti memaksimalkan optimasi: Meta Tag, Page Title, Deskripsi dll.
2. SEO Off page yaitu optimasi dari luar blog untuk mendapatkan pagge rank pertama dengan cara optimasi media sosial, forum, diskusi, submit artikel, backlink dll.
Cara diatas sangat efektif untuk menaikan popularitas sebuah blog atau website.

Baca juga : 10 Cara Meningkatkan Page View Blog dengan Cepat

Dan pada postingan kali ini Nubie Theme akan memberikan beberapa teknik optimasi Seo on page saja.

Teknik SEO On Page pada Blog


1. Title Tag
Perhatikan saat anda membuat judul artikel, karena ini sangat berpengaruh dalam mesin pencarian. Buatlah title tag yang unik yang meliputi kata kunci dari page tersebut.

2. Meta Description
Meta description merupakan kata kunci yang mewakili dari keseluruhan dari konten blog, jadi buatlah deskripsi yang menarik dan relevan. Selain anda jugga bisa menambahkan Search Description pada tiap kali posting guna menunjang konten dalam mesin pencarian. Sebagai contoh saya membuat judul artikel "Teknik Optimasi SEO on Page pada Blog" maka search descriptionya seperti pada gambar di bawah ini, atau mungkin anda punya ide yang lebih relevan.

Teknik Optimasi SEO On Page pada Blog

3. Meta Tag Keyword
Meta tag Keyword adalah kata kunci yang di buat pada tiap halaman blog atau web yang mewakili keseluruhan isi blog anda. Dalam membuat kata kunci kita harus benar-benar teliiti bahwa itu relevan dengan konten halaman blognya.

4. Custom Permalink
Custom Permalink adalah membuat alamat url dengan cara kita sendiri, dengan tujuan untuk meningkatkan seo friendly. Buatlah permalink yang simpel dan mengacu pada konten artikel, jangan terlalu panjang atau menggunakan stop word, seperti "dan, yang, dalam atau ke" karena stop word akan diabaikan oleh robot perayapan. sebagai contoh anda bisa custom permalink saat membuat artike yang ada di panel sebelah kanan.

Tenik Optimasi SEO On Page pada Blog

5. Tambahkan Gambar
Tambahkan sekurang-kurang 1 gambar yang terkait pada postingan sebagai penjelasan artikel yang kita buat, selain itu artikel akan lebih hidup dan tidak terlihat membosankan. Agar gambar lebih seo di search engine sebaiknya tambahkan alternatif text dan description agar gambar lebih mudah dikenali search engine.
Untuk caranya : klik pada gambar>klik properties>akan muncul jendela pop up, kemudian masukan query sesuai dengan artikel yaang andaa buat. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar.

Teknik Optimasi SEO On Page pada Blog

6. Internal Link
Pada dasarnya internal link adalah saran link atau link artikel yang menuju ke halaman lain, baik artikel baru maupun lama dalam satu blog. Internal link biasanya berkaitan erat dengan judul posting dan disisipkan kedalam sebuah artikel dengan tujuan mempermudah pengunjung dalam menavigasi sebuah blog secara efektif.

7. Penggunaan tag H1, H2, H3, dan H4
Dalam satu halaman artikel setidaknya ada satu tag H1, terapkanlah H1 pada judul posting dan H2 untuk judul sub, ini bertujuan untuk membedakan antara isi konten penting dalam sebuah artikel saat crawl. Gunakan tag ini secara relevan sehingga pembaca tidak terganggu. Untuk H3 biasanya digunakan sebagai judul sidebar dan H4 untuk credit footer.

Itulah beberapa langkah Optimasi SEO On Page pada blog, mungkin masih banyak teknik-teknik yang  lain untuk memaksimalkan optimasi seo onpage yang lebih baik, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat terlebih lagi untuk seorangg blogger pemula seperti saya. Terima kaasih atas kunjunganya.

Penulis


EmoticonEmoticon