Tips Membangun Blog Agar Sukses

Salah satu kegiatan di internet yang dapat menghasilkan uang adalah dengan cara blogging. Namun untuk dapat membangun blog yang berkualitas dan bermanfaat serta menghasilkan uang bukanlah hal yang mudah dan itu semua membutuhkan proses. Proses di sini yaitu dengan melakukan tahap demi tahap, karena nge-blog tidak bisa dilakukan secara instan.
Tips Mudah Membangun Blog Agar Sukses

Faktor penting dalam membangun blog agar sukses adalah konsistensi dalam membuat artikel baru. Dengan begitu pengunjung akan menyukai blog Anda karena artikel yang di sajikan selalu di perbaharui. Berikut beberapa tips membangun blog agar sukses.

Tips Membangun Blog Agar Sukses


1. Memilih Tema Sesuai Minat

Bangunlah blog dengan memilih tema yang sesuai dan kemampuan Anda. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan konsistensi dalam menulis artikel. Sebagai contoh apabila kita menulis artikel dengan tema yang kita senangi tentu tidak ada beban dalam diri kita. Dengan begitu konsistensi akan tetap ada dalam diri kita.

2. Memilih Domain dan Hosting

Domain dan hosting menurut saya sangat berpengaruh terhadap blog mengenai kepercayaan pembaca maupun oleh mesin pencari bahwa blog yang di bangun ini profesional dan sungguh-sungguh. Selain itu pembaca juga lebih percaya dengan konten yang dapat dipertanggung jawabkan dan terlihat tidak asal-asalan.

3.Menulis Artikel Terbaik Yang Bermanfaat

Buatlah artikel yang secara rutin dengan tetap memperhatikan manfaat dan kualitas isi artikel. Jika perlu sertakan sumber data/teori/science yang mendukung artikel sehingga pembaca akan lebih percaya. Hal yang perlu di garis bawahi juga yaitu artikel harus benar-benar dapat memberikan solusi atas masalah dari pembaca.

Jika konten yang di buat sama usahakan buat perbedaan dengan gaya penulisan, sudut pandang, analisis atau mungkin cara penyajianaya. Sertakan juga minimal satu link artikel yang relevan di halaman. Apabila konten halaman blog Anda sudah lengkap, saya yakin pembaca tidak akan mencari artikel lain dengan judul yang sama, karena di blog Anda sudah lengkap.

4. Promosikan Blog ke Media sosial

Promosi blog di sini dapat di artikan memperluas jangkauan pembaca. Anda dapat melakukan promosi dengan cara blogwalking ke blog lain dengan tujuan menjalin komunikasi yang berkualitas. Gabung pada forum-forum aktif dan tanya atau jawab pada komentar agar mereka mengenali blog kita.

Buatlah fanpage Facebook, Twiteer dan Google Plus pada halaman blog agar pengunjung bisa mengikuti, follow, like dan sejenisnya. Dengan begitu jika pengunjung suka dengan artikel blog bisa di pastikan akan mengikuti update artikelnya.

5. Konsistensi

Sebuah bisnis tanpa adanya konsistensi tidak akan berkembang. Begitu juga dalam blogging butuh konsistensi dalam mengelolanya. Sebagai contoh blog yang berpenghasilan dengan trafik tinggi jika tidak konsisten dan inovasi bisa di pastikan suatu saat akan turun drastis trafiknya.

6. Tingkatkan Trafik 

Untuk meningkatkan trafik blog bukanlah hal yang mudah, karena trafik tidak datang sendirinya. Anda bisa membuat strategi sendiri dalam mengembangkanya. Dan ingat bahwa blogger sukses juga mengalami hal yang demikian. Cara yang efisien adalah dengan selalu update artikel sehingga artikel yang di index akan semakin banyak, dengan begitu trafik akan bertambah. Alternatif lainya adalah aktif dalam media sosial seperti Facebook, Google Plus, Twiteer dan Youtube. Sharing artikel pada setiap posting dan jalin pertemanan yang banyak dengan harapan banyak pengunjung ke blog yang kita kelola.

Sekian dulu sobat artikel dari saya tentang beberapa tips dalam membangun blog agar sukses dan semoga dapat bermanfaat untuk blog yang ingin sukses. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf atau silahkan berkomentar.

Penulis


EmoticonEmoticon