Cara mengatasi error 404 page not found di blog

Pernahkah sobat blogger mengunjungi sebuah situs dan menemukan halaman bermasalah dengan tulisan "HTTP error 404 page not found". Hal ini tentu menjengkelkan dan membuat pengunjung sedikit kecewa, karena halaman situs yang kita kehendaki tidak ada padahal alamat url sudah benar di browser.

cara mengatasi error 404 pageg not found

Lalu pengertian Error 404 itu sendiri apa?. Error 404 merupakan sebuah kode kesalahan yang dihasilkan oleh server sebuah situs web ketika url yang diminta tidak ditemukan atau hilang.

Penyebab utama dari status error 404 adalah akibat menghapus/mengganti alamat url atau judul atikel tanpa terlebih dahulu menghapusnya pada indeks search console webmaster, karena mesin indeks akan tetap melakukan perayapan semua url yang ada pada daftar indeks.

Logikanya, ketika mesin indek merayapi url sebuah situs, tetapi url tersebut telah di hapus dari blog, hal ini akan menyebabkan kesalahan perayapan (crawl error) di karenakan googlebot tidak menemukan adanya url yang aktif. Pada umumnya kesalahan seperti ini adalah dengan kode status error 404.

Untuk itu jika sobat ingin menghapus salah satu url artikel, lakukan penghapusan terlebih dahulu pada mesin indeks google. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan fitur hapus url yang ada pada search console webmaster kemudian tunggu sampai ada pemberitahuan bahwa proses penghapusan url yang diminta telah dilakukan.

Sebelum sobat menghapus url langsung di blog, pastikan juga bahwa keterangan url yang telah di hapus di search console webmaster sudah ada, baru kemudian menghapusnya di blog.

Akan tetapi apabila sobat sudah terlanjur menghapus url artikelnya di blog dan tidak  menghapusnya terlebih dahulu di search console webmaster, maka ada beberapa langkah untuk mengatasinya.

Cara mengatasi error 404 page not found di blog


  • Tulislah semua url dengan status error 404 kemudian simpan dulu dalam notepad.
  • Menentukan jenis pengalihan, alihkan ke url homepage blog atau url artikel yang relevan atau mungkin mengganti dengan membuat url baru.
  • Sebagai saran, alihkan ke url artikel yang relevan dengan url  artikel yang di hapus, sehingga ketika ada pengunjung membuka halaman yang telah di hapus tidak kecewa, karena sudah di redirect (pengalihan) ke url artikel yang relevan.
  • Namun bilamana url relevan tidak ada, saya sarankan untuk membuat lagi url yang baru dengan acuan judul artikel yang telah dihapus.
  • Jika sudah, langkah berikutnya adalah mengatur pengalihan untuk url error menuju url yang baru di buat tadi atau yang paling cocok.
  • Caranya adalah dengan membuka pengalihan khusus yang ada pada menu setelan blogger. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Gambar A

cara mengatasi error 404 page not found
Gambar B

Keterangan:
Gambar A --> masukan url error 404 page not found
Gambar B --> masukan url baru yang relevan
  • Cheklist pada bagian permanen kemudian simpan perubahan
  • Untuk menambahkan url pengalihan khusus haruss diawali dengan tanda / sebagai contoh /2017/1/contoh-url-error.html
  • Jika semua langkah dijalankan dengan benar, peringatan error 404 page not found tidak muncul lagi.

Sekian dulu sobat artikelnya, semoga dapat bermanfaat dan terima kasih atas kunjunganya.

Penulis


EmoticonEmoticon